Hati-hati! Buku Anak Promotor Hubungan Sejenis

Ribut-ribut buku Why:Puberty.

Komik ensiklopedia mini ini ternyata dalam salah satu percakapannya berisi tentang kebolehan hubungan sesama jenis. Sebuah bujukan yang halus dan sangat bisa mempengaruhi jiwa para remaja yang membacanya.

Berikut ini adalah surat keberatan yang saya tujukan kepada penerbit buku tersbut, penerbit kondang yaitu PT Elex Media Komputindo. Atas kebaikan hati ibu @fahiraidris , anggota DPD terpilih DKI Jakarta 2014-2019, beliau membawa langsung ke hadapan pimpinan penerbit tersebut kemarin, 7 Agustus 2014

 

Kepada yang saya hormati

Penerbit ELEX MEDIA KOMPUTINDO

Di Jakarta

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini ijinkan saya, seorang dokter kandungan, ibu dari 5 anak, dan pengurus organisasi sosial kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia, menyatakan keprihatinan saya atas isi buku terbitan Elex Media Komputindo serial “Why” edisi “Puberty”.

  1. Isi buku tersebut sama sekali tidak mencerminkan pendidikan reproduksi yang sehat dan bermartabat. Dan ini bertentangan dengan tujuan utama diterbitkannya buku tersebut.
  2. Isi buku yang mengenalkan bentuk relasi lawan jenis yang tidak wajar, tidak normal, dan tentu saja tidak sehat dalam bentuk komik percakapan antar anak sangat berpotensi bahaya besar bagi generasi masa depan Indonesia.
  3. Isi buku juga tidak menghormati nilai-nilai adab dan etika pergaulan yang dianut oleh bangsa Indonesia yang berlandaskan Ketuhanan YangMaha Esa
  4. Isi buku yang sedemikian itu juga mencerminkan keteledoran – untuk tidak mengatakan kesengajaan – secara berantai mulai dari penterjemah, penyelaras bahasa, editor, dan pimpinan penerbitan.
  5. Isi buku juga berpotensi bahaya yang lebih besar yaitu makin merebaknya kasus HIV/AIDS yang sekarang sedang giat-giatnya diberantas. Perlu diketahui bahwa kasus HIV/AIDS di Indonesia tidak menunjukkan penurunan. Meskipun Indonesia mendapatkan pujian dalam hal upaya2 pemberantasan. Hal ini menunjukkan bahwa upaya pemberantasan selama ini sama sekali tidak menyentuh akar permasalahan yaitu makin maraknya pergaulan LGBT.
  6. Sejalan dengan poin 5, nantinya akan makin banyak lahir bayi-bayi tak berdosa penyandang HIV/AIDS . Bisakah dibayangkan bagaimana jadinya nasib bangsa ini ke depannya?

Karena itu saya meminta kepada penerbit Elex Media Komputindo , hendaknya :

  1. Sekarang juga menarik buku tersebut dari peredarannya di Indonesia. Penarikan tersebut tidak hanya di toko2 buku Gramedia, melainkan juga di toko-toko buku lainnya termasuk toko buku daring.
  2. Menyatakan permohonan maaf dari pihak penterjemah, penyelaras bahasa, editor dan penerbit secara terbuka kepada masyarakat luas yang dimuat di koran nasional.
  3. Kedepannya, penerbit harus lebih selektif dalam menerbitkan sebuah buku. Selektif dalam hal ini adalah dengan mempertimbangkan isi buku dan pengaruhnya terhadap tata krama, etika pergaulan yang dianut oleh bangsa Indonesia , yang tidak dapat dilepaskan dari dasar negara yaitu Pancasila

Untuk ibu Fahira Idris, selaku anggota DPD RI terpilih tahun 2014-2019, semoga dapat mengemban amanah surat ini dengan sebaik-baiknya

Terimakasih

Jakarta, 7 Agustus 2014-08-07

 

Dr. Prita Kusumaningsih, SpOG

Why Puberty

My_Wondering_Body_-_Inilah_Tubuhku

 

Keterangan gambar :

1. Kover dan sebagian isi buku Why: Puberty yang sangat memprihatinkan

2. Kover buku My Wondering Body

Bacaan lain yang disarankan, tulisan seorang psikolog Dwi Estiningsih : http://chirpstory.com/li/223140

 

13 thoughts on “Hati-hati! Buku Anak Promotor Hubungan Sejenis

  1. Meski sudah ada pernyataan penarikan buku tsb dari pihak penerbit di seluruh Indonesia, … mari kawal penarikan tersebut dimulai dari toko buku terdekat di tempat tinggal kita masing-masing. Kalo diketahui ada yang belum ditarik, … laporkan!

    • Betul pak, harus dikawal. Karena ternyata masih ada lagi buku sejenis terbitan Elek ini. Judulnya MyWonderingBody. Bentuknya komik. Isinya penuh dengan propaganda LGBT, yang dikemas dalam percakapan anak2. Selain itu dalam buku ini juga disebarkan paham bahwa cinta sesama jenis itu harus melakukan kontak fisik. Ngeri sekali.

    • sudah jalan ke Gramed? Kalau bukunya masih ada, lapor saja. Ramekan di medsos. Selain Why:puberty , masih ada MyWonderingBody yang juga terbitan si Elek . Isinya sama. Hati2 dan kritis terhadap sebuah grup media yang secara terselubung propaganda negatif

    • Betul! Baca buku anak sampai habis sebelum diserahkan kepada mereka, itu sudah kewajiban kita. Termasuk memelototi komik manga yang tulisannya kecil2 dan jalan ceritanya gak jelas itu. Selamat membaca…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s