Bumil Mudik…..Kiat Aman dan Sehat

Hidup memang berputar dengan cepat.  Semakin cepat tatkala ada berbagai peristiwa yang mengoyak hati. Seperti misalnya, peristiwa dibombardirnya Gaza oleh penjajah Israel, disusul dengan tertembaknya pesawat Malaysian Airlines MH17 di perbatasan Ukraina. Sedih……

Apa akibatnya? Seperti baru kemarin mengadakan acara Tarhib Ramadhan (menyambut datangnya bulan suci Ramadhan)…..ternyata sekarang Ramadhan sudah mendekati usai.  Rasulullah menyontohkan, pada 10 hari terakhir beliau malahan “tancap gas” meningkatkan ibadahnya dan ditambah dengan i’tikaf di masjid.  I’tikaf pada hakikatnya adalah mencoba keluar dari arus pusaran waktu dengan merenung.  Kontemplasi.  Berdzikir. Mengaji. Tadabbur. Tetapi faktanya, meskipun di masjid-masjid tertentu jamaah i’tikaf bisa memenuhi seluruh area sholat bahkan sampai selasar, namun kalau dihitung dan diprosentase jamaah yang “i’tikaf”  di mal dan pertokoan atau di depan televisi ternyata lebih banyak.

Demikian juga dengan sebuah fenomena besar, yang konon hanya terjadi di Indonesia – dan tidak ada di negara mana pun – adalah mudik. Mudik di Indonesia memang tidak tanggung-tanggung.  Jutaan orang bergerak serentak, merayap di jalan raya dan menyemut di terminal serta stasiun kereta api.  Tujuannya adalah pulang kampung.

Nah di sinilah inti tulisan ini.  Ternyata para ibu hamil (bumil) pun terimbas dan ter

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s