Berapa Idealnya Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil?

Kehamilan yang sembilan bulan lamanya itu terbagi menjadi 3 periode, dimana setiap periodenya dinamakan trimester.  Sehingga dari awal hamil sampai saat persalinan seorang bumil menjalani 3 trimester. Dalam tiap trimester tersebut nafsu makan seorang bumil berubah-ubah.  Dalam trimester 1, umumnya nafsu makan menurun.  Bahkan tak jarang disertai rasa mual dan muntah sampai beberapa kali sehari.  Sebagian ibu mengalami penurunan berat badan. Penurunan berat badan ini masih dianggap wajar asalkan tidak melebihi 5% dari berat badan awal.

Memasuki trimester 2, kondisi mulai membaik.  Mual dan muntah berkurang, sehingga nafsu makan mulai timbul.  Bahkan mulai pekan ke 20 nafsu makan justru meningkat pesat.  Berat badan pun melonjak tinggi.  Kondisi ini berlangsung sampai usia kehamilan 30 pekan.  Di usia hamil 8 bulan nafsu makan kembali normal.  Sebagian ibu mengeluh begah, yaitu rasa penuh di lambung dan cepat kenyang.  Tak perlu khawatir, karena ini disebabkan oleh desakan janin pada diafragma.  Di usia 36 pekan, rasa begah dan sesak agak berkurang disebabkan kepala bayi mulai memasuki pintu atas panggul.

bumil1 dari republika.co.id

Pertanyaannya, berapa idealnya kenaikan berat badan ibu hamil? Kalau dulu, kenaikan berat badan setiap bumil ditarget sama yaitu sekitar 12 kilogram.  Tapi sekarang ketentuan tersebut telah mengalami perubahan.  Kondisi setiap bumil berbeda, demikian pula berat badan awal pun berbeda.  Intinya, semakin tinggi berat badan awal, maka semakin sedikit diperlukan kenaikan berat badan selama hamil.  Nah, untuk menentukan berat badan awal itu masuk kategori normal, kurang, atau lebih, digunakan rumus Indeks Massa Tubuh (IMT).

Cara menghitung IMT  sebagai berikut :

Berat Badan sebelum hamil (kilogram) / Tinggi Badan (meter) kuadrat .  Silakan dihitung !

Berapa hasilnya?

Simak tabel berikut :

BB kurang  (BMI < 18,5)                      kenaikan ideal selama hamil 13 – 18 kg

BB normal (BMI 18,5 – 24,9)             kenaikan ideal selama hamil 11 – 16 kg

BB lebih     (BMI 25 – 29,9)                  kenaikan ideal selama hamil 7 – 11 kg

Obesitas     (BMI  > 30 )                        kenaikan ideal selama hamil < 9 kg

Catatan :  rumus ini bukan untuk kehamilan kembar

Nah, jadi tidak perlu naik setinggi-tingginya kan? Dan kenaikan berat badan sampai 20 an kilogram itu sudah tidak jamannya lagi.

Takut bayinya kecil?

Berat bayi baru lahir normal minimal adalah 2500 gram.  Berapa maksimalnya? Sebenarnya tidak ada batasan untuk maksimal, namun di atas 3500 gram sudah masuk kategori besar, dan tidak dianjurkan berat bayi baru lahir di atas 4000 gram.  Di bawah 2500 gram masuk kategori Bayi Berat Lahir Rendah, sedangkan di atas 4000 gram disebut makrosomia.  Bayi besar memang tampak lucu di mata kita, namun sebenarnya bayi demikian berisiko mengalami hipoglikemia.

Makrosomia

Bagaimana mengerem laju pertambahan berat badan? Sebetulnya gampang.  Cukup dengan mengurangi makanan manis dan berlemak.  Hindari makanan dan minuman yang manisnya berasal dari gula pasir atau gula merah.  Sirop? Teh manis? Kue berlapis krim? Kolak buat buka puasa? Es krim? Hmmmm….stop dulu ya.  Bagaimana menyiasati rasa lapar yang menyerang di malam hari? Makan saja buah-buahan yang berair banyak atau minum air putih.

Nah, sepekan lagi bulan Ramadhan tiba.  Gunakan kesempatan ini untuk berdiit, disamping meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan!

 

Keterangan foto :

1. sumber http://www.republika.co.id

2. bayi makrosomia yang dilahirkan dengan operasi sesar, berat lahirnya 4800 gram

7 thoughts on “Berapa Idealnya Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil?

    • Sebagian bumil, memang mengalami penurunan BB di trimester 1. Kalau turunnya tidak melebihi 5% BB awal dan bumilnya masih ada kemauan untuk makan, insya Allah aman. Tapi kalau sampai apatis dan terlalu lemas, hilang tenaga, maka terapinya diinfus. Kalau hamilnya sudah lewati 20 minggu di bulan Ramadhan nanti, coba tanyakan ke dokternya untuk rekomendasi puasa. Salam untuk nyonya Rifki ya…..

    • Demikianlah kira2 mbak Ika. Sebagian besar pasien juga start BBnya saat hamil ke sekian selalu tambah naik dibanding hamil sebelumnya. Padahal tergetnya adalah kembali ke BB awal pas baru nikah..he..he.. Kalau saya tunjukkan catatan medis pas kontrol hamil sebelumnya , suka tersipu-sipu

  1. Assalamualaikum Bu Dokter, Saat ini saya sedang hamil (yang kedua) 15w, BB sebelum hamil 58kg tinggi badan 163cm (indeks massa tubuh di 21), tapi kemarin saya timbang sudah 55kg.. Artinya sudah turun lebih dari 5% ya Bu Dokter. Bahaya kah? Mengingat saat kehamilan pertama saya pun hanya naik 6kg, BB dari 58kg mendai 64kg.. Terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s