[Ramadhan Sehat] Puasa Mencegah Penuaan Dini

Saat ini kita sudah memasuki sepuluh hari yang kedua di bulan Ramadhan. Tubuh sudah menyesuaikan diri dengan kondisi lapar dan haus.  Dan sudah nampakkah manfaat tersebunyi dari ibadah spesial ini? Salah satu di antaranya, puasa ternyata juga bisa berfungsi sebagai terapi “anti aging”, lho.

Puasa, yang arti harfiahnya adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya secara khusus, ternyata dari segi medis pun mempunyai banyak manfaat yang sangat hebat.  Di samping kita mendapatkan pahala langsung dari Allah SWT serta  pengampunan dosa dikarenakan menjalankannya, kita juga mendapatkan bonus manfaat kesehatan yang tidak sedikit.

Manfaat puasa yang dikaitkan dengan perbaikan beberapa penyakit misalnya, hipertensi (tekanan darah tinggi), hiperkholesterol, atau penyakit lambung telah banyak dibahas dan dibuktikan.  Namun belakangan diketahui bahwa  puasa juga bisa mencegah penuaan dini.

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah,

“Puasa adalah perisai”. 

Makna perisai adalah sesuatu yang digunakan untuk melindungi tubuh dari bahaya atau serangan.  Lingkungan  yang penuh polusi ditambah dengan gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat membuat lemahnya daya tahan tubuh terhadap penyakit.  Sehari-hari kita menghisap  polusi yang pada hakekatnya adalah racun atau toksin. Toksin tersebut berasal dari jalan raya, pembakaran sampah, asap rokok, serta bahan kimia di sekeliling kita.   Bahkan disinyalir setiap hari kita menghirup racun sebanyak 500 cm3. Toksin tersebut tertimbun dalam tubuh dan tentu saja dapat mempengaruhi metabolisme sel.

Namun, Allah SWT telah menciptakan sebuah organ penting yang berfungsi sebagai penetral racun dalam tubuh.  Organ itu adalah “hati” atau yang biasa disebut dengan “liver”.  Pada saat puasa cadangan lemak dibongkar dialirkan ke liver sebagai  tambahan tenaga mengusir racun.  Demikian juga cadangan glukosa di dalam liver dibongkar untuk tambahan tenaga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.  Dengan demikian, pada saat puasa,  fungsi katabolisme (pembongkaran) lebih besar daripada anabolisme (penimbunan).

Puasa juga diketahui merangsang terjadinya proses pembaruan  sel.  Seperti diketahui, sel-sel tubuh manusia selalu mengalami pergantian sepanjang hidupnya.  Dalam waktu 1 detik, jumlah sel yang mati bisa mencapai 125 juta sel.  Namun dalam waktu yang sama, jumlah sel baru yang tumbuh lebih banyak lagi.  Hanya saja, semakin tua usia manusia, jumlah sel baru yang tumbuh akan semakin berkurang.

Saat sedang berpuasa, pembaruan sel terjadi melalu beberapa jalur, yaitu :

1) Terjadi konversi zat makanan menjadi asam amino melalui proses katabolisme dan selanjutnya asam amino tersebut memenuhi kebutuhan sel untuk menjalankan fungsinya,

2) Asam Lemak Esensial dari makanan digunakan untuk memroduksi lipoprotein yang rendah kepekatannya (very low density lipoprotein= VLDL).  Kemudian VLDL tersebut bersama asam fosfat dan glisoterol dari liver beredar ke seluruh tubuh guna memperbarui sel-sel tubuh.  Aktivitas semacam ini tidak terjadi apabila makanan yang dikonsumsi mengandung lemak dalam jumlah tinggi (yaitu apabila tidak dalam kondisi puasa).

3) Sel liver memroduksi enzim alkali phosphatase yang bersama senyawa lain berperan membentuk sel-sel baru.

Sehingga saat berpuasa terjadi peningkatan fungsi liver dalam membentuk sel-sel baru, selain juga membersihkan sel liver dari lemak yang mengendap selama dalam kondisi tidak puasa. Dengan demikian hasil akhirnya adalah tubuh yang bugar, dengan sel-sel baru yang membuat tampak awet muda. Wallahu a’lam (nin)

 

Daftar Pustaka :

  1. 1.       Jamal Elzaky, Dr. Buku Induk Mukjizat Kesehatan Ibadah, Zaman, Jakarta, 2011
  2. 2.       Wahjoetomo, DR, Puasa dan Kesehatan, Gema Insani Press, Jakarta, 1997

8 thoughts on “[Ramadhan Sehat] Puasa Mencegah Penuaan Dini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s