[Ramadhan Sehat] Sholat, Olahraga Paripurna Sepanjang Usia

Sebagai ibadah fisik, sholat merupakan sejenis olahraga yang manfaatnya tidak hanya berupa peningkatan kesehatan jasmani, namun secara bersamaan juga meningkatkan kesehatan mental dan emosional.  Tidak seperti jenis-jenis olahraga lain, sholat dikerjakan sepanjang hayat dikandung badan.  Tidak harus berada di arena tertentu atau menggunakan kostum khusus apalagi mengeluarkan biaya.  Sholat juga merupakan olahraga yang bebas risiko cedera, malahan bisa meningkatkan kesehatan tulang, otot, dan sendi.  Waktu pelaksanaan sholat yang terbagi menjadi 5 kali dalam sehari, menyelaraskan dengan perputaran jam biologis manusia.

Sholat Meredakan Gangguan Tulang, Otot, dan Sendi

Massa tulang tersusun dari mineral kalsium dan fosfor. Sementara itu sumsum tulang yang terdapat di dalam tulang panjang merupakan pabrik pembuatan sel-sel darah.    Semakin banyak aktivitas fisik, maka kekuatan tulang akan meningkat.  Demikian pula dengan otot, semakin dilatih maka akan semakin kuat.  Otot yang tidak pernah digerakkan, makin lama akan mengecil (atropi).  Aktivitas sholat yang lima kali sehari, merupakan sarana pelatihan yang baik untuk tulang, otot, dan sendi, karena gerakan-gerakan sholat melibatkan keseluruhannya.   Apabila seorang muslim tidak hanya mengerjakan sholat wajib, namun juga sholat-sholat sunnah, maka dalam sehari semalam ia telah sholat sekitar 2 jam.  Maka berarti dua jam pulalah ia telah melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan tulang, otot, dan persendiannya.

Seorang dokter dari Mesir,  Muhammad Walid Al Sya’ranie melakukan penelitian terhadap 881 orang dewasa.  Sebelumnya, ia menanyakan  tentang penyakit tulang dan nyeri sendi yang mereka derita.  Pertanyaan berikutnya adalah tentang kebiasaan sholat serta lamanya mengerjakan sholat dari masing-masing orang tersebut.  Hasilnya, orang yang sudah terbiasa mengerjakan sholat semenjak berusia 10 tahun ternyata tidak pernah mengalami gangguan tulang ataupun nyeri sendi. Sebaliknya, dari orang-orang yang tidak pernah sholat ternyata sebanyak 70% mengalami berbagai gangguan sendi dan tulang.

Diketahui bahwa gangguan tulang dan sendi pada umumnya disebabkan oleh berkurangnya cairan pelumas sendi, berkurangnya zat-zat pembentuk tulang, serta perubahan struktur tulang belakang.  Nah, gerakan sholat dan peralihan-peralihannya dinyatakan dapat menjaga kelenturan persendian serta menjaga keutuhan cairan sendi.

Penelitian yang dilakukan dr. Syafiq Zayyat memberikan hasil yang tak jauh berbeda. Kali ini yang diteliti adalah 40 orang penderita gangguan tulang belakang. Mereka diminta untuk mengerjakan sholat secara teratur, disiplin. Hasilnya, keluhan rasa sakit pada tulang dan persendian berkurang secara signifikan.

Khusus di bulan Ramadhan, dr. Salwi Muhammad Rusydi dari Kairo melakukan penelitian tentang pengaruh  mengerjakan 8 rakaat sholat tarawih terhadap vertebra lumbalis (tulang belakang bagian pinggang).  Hasilnya, pada akhir Ramadhan didapatkan perbaikan pada otot tulang belakang, struktur tulang, serta bantalan antar ruas tulang.  Itulah hasil dari gerakan-gerakan sholat dari berdiri tegak, rukuk, sujud, duduk, dan salam, yang nyaris melibatkan seluruh persendian tubuh.

Jelas kiranya, kasih sayang Allah di bulan Ramadhan ini.  Ia perbanyak sholat, Ia perbanyak pahala, dan Ia sehatkan tubuh manusia.

Wallahu a’lam (nin)

Gambar dari : http://www.ikadijatim.org

14 thoughts on “[Ramadhan Sehat] Sholat, Olahraga Paripurna Sepanjang Usia

  1. Benas dok
    Sy buktikan kemarin
    Shbis melahirkan sy pengen pijit. Tukang pijit langganan sakit DM nya kambuh jadi panggil tukang pijit yang lain. Sayangnya sudah sepuh sekali, jadi sama sekali tidak terasa. Oleh suami sy diminta memperbaiki gerakan sholat benar2 terutama ketika rukuk dan sujud. Alhamdulillah nyeri punggung hilang begitu juga bahu dan bagian lainnya🙂

    • Alhamdulillah, mbak Indri aka ummu Medina sudah diselamatkan Allah. Pertama diselamatkan dari efek pijat yang terkadang mengerikan. Kedua, diselamatkan dengan semakin bagusnya gerakan sholat, dan ketiga, diberi bonus nyeri punggungnya lenyap. Memang sudah banyak yang membuktikan demikian. Bahkan gerakan salam pun terasa sekali peregangannya, ya, bisa mengurangi nyeri leher juga. Oya, syarat lain adalah : harus tuma’ninah ya

      • Efek pijat mengerikan sprti apa dok?
        Oh iya dok, postcardnya blm sy kirimkan. Sepulang dr rs sy cari di rumah tdk ketemu sy sdg pesan lg di tempat mb rana🙂 afwan🙂

      • he…he…he…soalnya sudah sering sekali para pasien yang datang dengan nyeri perut pasca dipijat. Dan yang lebih mengerikan lagi adalah statement2 dari para dukun pijat, seperti rahim turun, turun berok, rahim kebalik, kista dsb…dsb….
        Btw, kartuposnya tetap ditunggu, sekaligus kartu lebaran, ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s