Serba Serbi Rambut – Mahkota yang Wajib Dilindungi

Konon salah satu ciri hewan mammalia adalah adanya bulu di tubuhnya.  Manusia sebagai salah satu makhluk mammalia pun tak terkecuali.  Tentu saja sebagai ciptaan Allah yang paling mulia, sebutannya helai-helai keratin tersebut bukan bulu, melainkan rambut.  Saya membaca  fakta angka menarik tentang rambut (manusia) di majalah Tempo atau versi mayanya di sini 

Simak beberapa fakta yang menarik di bawah ini

Ternyata, unsur terbesar yang ada pada rambut adalah Karbon [C] yaitu 51%, disusul dengan Oksigen [O] sebanyak 21%, dan berturut-turut Nitrogen 17%, Hidrogen 6%, dan Sulfur 5%.

Gray944.png

Berbahagialah yang berambut hitam, karena 97% manusia di dunia berambut hitam dan abu-abu.  Sisanya, 2% berambut pirang dan 1% berambut merah.  Kesimpulannya, orang Indonesia yang mengecat rambutnya karena ingin terlihat beda. Mewarnai rambut sebenarnya diperbolehkan secara fiqih asalkan dengan bahan pewarna yang halal dan tidak menghalangi air wudhu, serta tidak diperbolehkan mewarnai rambut dengan warna hitam (ref di sini ), dan juga tidak diperbolehkan menggunakan warna seperti yang digunakan oleh kaum kafir (ref di ROL).

Dengan demikian, jangan meniru tradisi wanita romawi kuno yang mewarnai rambutnya dengan, maaf, kotoran merpati atau wanita Venesia jaman rennaisans yang menggunakan , maaf lagi, air seni kuda.

Ada rambut yang rontok tatkala menyisir? Jangan khawatir karena jumlah helai rambut di kepala kita cukup banyak, yaitu 110 ribu helai untuk rambut hitam dan 146 ribu helai untuk rambut pirang.  Sedangkan menurut dokter kulit, rontok di bawah 100 helai per hari masih dianggap normal. Tidak perlu khawatir akan botak karena disamping yang rontok, rambut baru pun senantiasa tumbuh.  Kecepatan pertumbuhan rambut adalah 0,3 mm per 24 jam. Kecepatan ini dipengaruhi juga oleh iklim, dimana iklim tropis membuat rambut tumbuh lebih cepat (ref di sini).

Ingat film” Titian Serambut Dibelah Tujuh”nya Chaerul Umam? Ya, rambut dibelah tujuh adalah perumpamaan jembatan Shiroth al Mustaqim yang harus kita lalui saat Yaumil Akhir nanti (semoga Allah memberikan kemudahanNya…).  Nah, sekedar bayangan saja, diameter rambut manusia adalah 17 – 180 mikrometer (1 mikrometer = 1/1000 mm)

Kebiasaan memotong rambut berasal dari Mesir kuno.  Meskipun saat ini terdapat berbagai model potongan rambut baik ntuk pria dan wanita, namun ada manusia yang tidak pernah memotong rambutnya.  Salah satunya adalah Xie Qiu Ping di Cina yang selama 30 tahun tidak memotong rambutnya.  Dalam Guiness Book tahun 2004 disebutkan bahwa rambut wanita tersebut mencapai 5, 6 meter. Tidak terbayangkan bagaimana keramasnya, kan? Berapa botol sampo dihabiskan untuk sekali keramas?  Kaum pria pun tak mau kalah, seorang laki-laki asal Vietnam bernama Tran Van Hay dinobatkan menjadi manusia berambut terpanjang di dunia, yaitu 6,8 meter pada 2010.

Betapa berharganya rambut, dan betapa besar kekuasaan Allah yang tercermin dari rambut seorang manusia.  Sehingga, apa pun jenis rambut kita (lurus, ikal, kriwil) atau berwarna apa pun rambut kita (hitam, coklat, pirang, merah),

rambut tetap merupakan aurat yang harus dihormati dan ditutupi

(Al Ahzab ayat 59 dan An Nur ayat 31)

[nin]

Sebuah Renungan  Sya’ban

 

 

 

 

6 thoughts on “Serba Serbi Rambut – Mahkota yang Wajib Dilindungi

  1. kalau nggak salah lelaki vietnam itu kalau nak sepeda rambutnya digelung dan ditutupi… penah lihat di acara on the spot.

  2. Betul, rambut tetap merupakan aurat yang harus dihormati dan ditutupi.
    Dan sudah seharusnya iklan shampoo rambut itu tidak perlu menunjukkan keindahan rambut sang bintang iklan, karena itu jelas tayangan yang menipu. Sama menipunya dengan produk-produk pemutih.
    Akan lebih elegan kalau iklan shampoo itu berisi edukasi, menggambarkan struktur rambut, kemudian bagaimana shampoo itu bekerja dalam struktur rambut tersebut.

    • Saat memosting tulisan ini saya juga berpikiran yg sama, pak. Tentang iklan sampoo itu. Sebetulnya dg adanya larangan menampakkan rambut, justru manusia akan terpacu utk kreatif. Contohnya, iklan2 rokok (yg tdk boleh menampakkan org merokok), malah bagus2, kan? Dulu…..sunsilk pernah mengeluarkan produk sampo khusus buat pemakai busana muslimah. Iklannya pun tdk menampakkan rambut. Tapi sekarang iklan (dan produknya) tidak pernah kelihatan lagi.

    • Tak jelas kaitan antara frekuensi menggunduli kepala bayi dgn kelebatan rambut. Yg jelas, faktor genetik ikut berperan. Demikian juga, anak yg bergizi baik, rambutnya juga tumbuh subur. Yuk, dibotakin lagi….. Lho (!)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s