IBF : dari Bolehkah Ibu Hamil minum Es sampai Membalut Luka Gaza

Jakarta – Dokter sekaligus pengurus pusat Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), dr. Prita Kusumaningsih, Sp.OG, dalam sebuah acara di Islamic Book Fair 2013 mengatakan, dari hasil yang diamati untuk masalah kehamilan, masih banyak pertanyaan  mengenai konsumsi Es bagi ibu hamil diantaranya apakah bisa bikin bayi membesar.

“Sebenarnya bukan Es yang bikin gemuk melainkan campurannya,” terangnya dalam bedah buku Membentangkan Surga di Rahim Bunda, Ahad (10/3), di ruang anggrek, Istora Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Saat hamil, sambungnya, susu itu masih menempati posisi konsumsi terpenting bagi ibu hamil, namun ada juga yang tidak mau minum susu saat hamil. Dari hasil penelitian, Indonesia termasuk negara yang rendah konsumsi susunya, padahal negara agraris. “Susu masih peringkat satu dan Rasulullah SAW sangat suka minum susu, bahkan dikabarkan di Surga ada sungai yang berisikan susu,” ujarnya.

Prita juga menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh saat melahirkan. “Pengaruh saat melahirkan adalah 5 P,” terangnya.

Pertama, Power atau tenaga ibu ditambah kontraksi rahim.

Kedua, Passage dalam hal ini jalan lahir atau pintu atas panggul.

Ketiga, Passenger yakni penumpang atau bayi itu sendiri.

Keempat, Psikis ibu hamil perlu menghibur atau dihibur.

Kelima, Penolong atau pendamping. “Inilah yang akan berpengaruh saat melahirkan,” jelasnya.

Menurut Prita, hamil itu bisa menderita dan sengsara, namun yang jelas menyenangkan dan membahagiakan. “Hamil itu membuka kesempatan untuk mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT,” tuturnya.

Diakhir acara ini, Prita juga menyampaikan bahwa sebetulnya 50 % kehamilan itu berakhir dengan keguguran tanpa disadari. Sebelum menutup acara ini, dilakukan juga launching buku Membalut Luka Gaza.[]inshany/ibf

Dicopas dari sini

NB. nantikan terbitnya buku Membalut Luka Gaza.  Diterbitkan oleh Salsabila, lini dari Al Kautsar, buku ini berisi catatan para relawan kemanusiaan dalam interaksinya dengan warga Gaza.  Tidak seperti dibayangkan, bahwa kalau berbicara tentang relawan kemanusiaan dan aktivitasnya, apalagi di daerah perang, pasti akan berkisar tentang darah,air mata, dan kesedihan.  Buku ini lain.  Ternyata warga Gaza juga bisa melucu, tertawa, bahkan berwisata di pantai.  Ternyata warga Gaza masih penuh semangat, bahkan mungkin melebihi semangat kita saat menghadapi  kehidupan yang porak poranda.  Penasaran?  Silakan preorder lewat saya.  Harga 25 ribu rupiah saja.  Untuk jabodetabek bebas ongkos kirim

24 thoughts on “IBF : dari Bolehkah Ibu Hamil minum Es sampai Membalut Luka Gaza

  1. Sy suka minum air putih dingin krn bisa netralin rasa mual.
    Tp malah bikin kalori berkurang ya dok katanya?
    Skrg udah stop

  2. wah..dokter prita jai pembicara ya?saya gagal dtg lagi paginya habis bantuin temen ngerias jadi udh lelah mau ke ibf lagi,ngebayangin penuhnya.jadi buat diet ga apa2 kan ya minum air es…

  3. Ditunggu dok buku barunya..
    Dok saya mau pesan buku Surga di rahim Bunda. Kebetulan hari rabu saya besok saya mau ke JIH, mau periksan kehamilan sama dokter🙂, jadi bisa sekalian dibawakan gitu..

    salam kenal yah dok.. saya amel

    • Filosofinya, orang minum pil KB itu kan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Tapi kalau minumnya tidak teratur, risiko terjadinya kehamilan jadi mengkat.. Jadi logikanya jangan dibalik. “Minum pil KB secara acak guna memancing kehhamilan”. Mungkin saja hamil, tapi salah2 malah siklusnya jadi kacau

  4. Dokter maaf mau tanya.. Dulu waktu hamil saya anemia dok.. Jadi saya tidak puasa setengah bulan. Setelah melahirkan saya ngerasanya semua baik2 saja. Jadi saya putuskan untuk bayar utang puasa. Saya masih menyusui, bayi sudah 7 bulan. Tapi kok setelah puasa saya jadi pucet, berkunang2 melayang2 sampai beberapa hari setelah puasa ya. Kalau saya teruskan puasanya aman nggak ya? Soalnya 3 bulan lagi sudah ramadhan lagi..

    • Cek dulu kadar hemoglobinnya (hb). Utk itu perlu dtg ke laboeatorium. Perempuan yg tidak hamil, hb minimal adalah 12 gr%. Kalau hb normal, silakan puasa. Kalau anemia, terapi dulu anemianya dgn konsumsi tablet besi. Silakan cari tulisan saya ttg anemia….self service ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s