20 Fakta Ilmiah tentang (maaf) Kentut

Terkadang kita membenci kentut.  Ini beberapa alasannya :

1. Bikin batal wudhu.

2. Bau – bikin malu.

3. Bau plus bunyi – apalagi

Namun apa yang terjadi kalau seseorang tidak (bisa) kentut?

1. Nyeri perut dan kembung

2. Ditambah dengan muntah-muntah, bisa-bisa masuk IGD.  Hal ini mengindikasikan ada yang tidak beres dalam aktivitas usus.  Bisa ada sumbatan di usus, bisa pula usus “lumpuh” tidak mau bergerak (berperistaltik)

3. Habis operasi dengan pembiusan umum, sebelum diijinkan makan minum harus menunjukkan barang bukti berupa kentut.  (harus ada saksinya pula, lho)

Karena itu, sebagai anugerah Allah SWT, sebaiknya kita lebih mengenal kentut, yang fakta ilmiahnya saya dapat dari milis sebelah, sbb :

1. Dari mana kentut berasal?   Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang tertelan, yang menerobos ke usus dari darah, dan gas dari bakteri dalam perut;

2. Apa komposisi kentut?   Bervariasi. Makin banyak udara tertelan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri dan reaksi kimia antara asam di perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida.­ Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung pada makanan yang dikonsumsi, jumlah udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, dan berapa lama menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makan dengan tergesa-gesa akan menghasilkan kentut dengan kadar oksigen lebih banyak karena tubuh tidak sempat mengabsorbsi oksigen;

3. Kenapa kentut berbau busuk?   Bau kentut disebabkan oleh kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan, makin banyak sulfida & merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut yang berakibat bau kentut makin busuk. Telur dan daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut, sedangkan kacang-kacangan­ berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan bau;

4. Kenapa kentut menimbulkan bunyi? Adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi menimbulkan bunyi Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas keluar dan diameter lubang anus;

5. Mengapa kentut yang berbau busuk terasa hangat dan tidak bersuara? Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas, hasil sampingnya adalah gas berbau busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yg berbau busuk., kemudian menjadi kentut. Walau hanya kecil volumenya, tapi SBD (Silent But Deadly)😀

6. Berapa banyak kentut diproduksi sehari? Rata-rata setengah liter per hari dalam 14 kali kentut.

7. Mengapa kentut keluar melalui lubang dubur? Densitas yang lebih ringan bukan berarti gas kentut berjalan ke atas. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gas bergerak ke area yang bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus gelembung-gelem­bung kecil bergabung menjadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yg rumit & berbelit-belit;

8. Berapa waktu yang diperlukan oleh kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain? Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu, kecepatan, arah angin, berat molekul gas kentut, dan jarak antara ‘transmitter’ dengan ‘receiver’. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami pengenceran di udara & hilang ditelan udara selama-lamanya.­ Kecuali kalau meng-kentut di ruang sempit, seperti lift, mobil, konsentrasinya lebih banyak, sehingga baunya akan tinggal dalam waktu lama sampai akhirnya diserap oleh dinding.

9. Apakah setiap orang kentut? Sudah pasti selama masih hidup. Sesaat setelah meninggal pun orang masih bisa kentut. Jadi, tidak usah malu kalau sering kentut, karena itu salah satu tanda kehidupan😀

10. Betulkah laki-laki kentut lebih sering daripada perempuan? Tidak ada kaitannya dengan gender. Kentut benar-benar bersifat egaliter :))

11. Saat apa biasanya orang kentut? Pagi hari di toilet yang disebut ‘morning thunder’. Kalau resonansinya bagus, bisa terdengar di seluruh penjuru rumah :))

12. Mengapa makan kacang-kacangan­ menyebabkan banyak kentut? Kacang-kacangan­ mengandung zat gula yang tidak bisa dicerna tubuh, yakni raffinose, stachiose, erbascose. Jika mencapai usus, bakteri di usus langsung berpesta pora dan membuat banyak gas. Jagung, paprika, kubis, kembang kol, susu juga penyebab sering kentut;

13. Selain makanan, apa saja penyebab kentut? Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah, sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi dan muncul sebagai kentut;

14. Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul dari lain lubang? Tidak sama. Sendawa muncul dari lambung. Komposisi kimianya berbeda dengan kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak, sedangkan kentut mengandung gas lebih banyak;

15. Ke mana perginya gas kentut kalau ditahan dan tidak dikeluarkan? Bukan diabsorbsi darah, bukan hilang karena bocor, tapi bermigrasi ke bagian atas menuju usus & pada gilirannya akan keluar juga. Jadi bukan lenyap, tapi hanya mengalami penundaan;

16. Mungkinkah kentut terbakar? Bisa saja. Kentut mengandung metana, hidrogen yang combustible. Kalau terbakar, nyalanya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen;

17. Mengapa kentut anjing dan kucing lebih busuk? Karena anjing & kucing adalah karnivora (pemakan daging). Daging kaya akan protein. Protein mengandung banyak sulfur, jadi bau kentut lebih busuk. Herbivora seperti sapi, kuda, gajah memproduksi kentut lebih banyak, lebih lama, lebih keras bunyinya, tapi relatif tidak berbau. Jadi, lebih baik memelihara gajah di rumah daripada anjing dilitinjau dari aspek kentutnya :))

18. Betulkah bisa teler kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut-turut? Kentut mengandung sedikit oksigen, mungkin saja mengalami pusing kalau mencium bau kentut terlalu banyak. Maka dari itu kentut bisa menjadi senjata pamungkas kalau jiwa sedang terancam dan tidak perlu membawa alat kejut listrik :))

19. Apakah warna kentut? Tidak berwarna. Kalau warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida, akan ketahuan siapa yang kentut😀

20. Kentut itu termasuk asam, basa atau netral? Asam, karena mengandung banyak  karbondioksisa (CO2) dan hidrogen sulfida (H2S);

Demikianlah fakta -fakta kentut.  Dan awassss….jangan kentut sebelum selesai membaca tulisan ini.

42 thoughts on “20 Fakta Ilmiah tentang (maaf) Kentut

  1. Saya tuh lambungnya bermasalah, kalau kalau sudah kembuuung berharap sekali bisa kentut yg kenceeeeng heuheuheu
    Apadaya sendawaaa melulu dan bikin pengen muntah malahan😦

    • Syafakillah! Kembung kan berarti kelebihan gas di dalam lambung, Bisa karena memakan makanan yang memroduksi gas, bisa juga karena hiperaerofagi (kebanyakan menelan udara, misalnya makan tergesa-gesa). Kalau kembung memang outletnya ya sendawa, teh. Terkadang kembung bisa hilang dengan kerokan, lho. He…he…kerokan pakai koin euro😀

      • Waaah ngga ada yg pinter ngerock mbak Pritaaa, mereka ngerock nya bukan searah, tapi bolak balik.. !!
        Yg ada malah pada perih deh hehe

        Saya 2 minggu ini hrs minum lagi obat buat lambung, dinding lambungnya luka rada lumayan 😥

      • coba konsumsi propolis, teh. Propolis itu produk dari air liur lebah. Ada yang berbentuk drops, ada yang tablet. Baunya kurang enak, tapi manfaatnya masya Allah. Khusus buat penderita tukak lambung kronis, banyak yang sudah berhasil

  2. kereeen abiz dok postingan kentutnya. nulis ini diselingi kentut juga ga dok?
    sekalian konsultasi kentut boleh ya dok. gini, maren tuh saya kentat kentut tok dan maaf bau nyengat tapi gak jua muncul hasrat ngengek. anehnya besoknya gtu usah ga kentut2 lagi dan klopun.kentut ya ga bau. belum eek juga padahal. kemana perginya yah tuh bau?
    mksih banyak sebelumnya.

    • ha..ha..lupa tuh, kentut tidak ya pas nulis ini. Habis terlalu konsen sih. Kentut berbau menyengat padahal tidak makan makanan spesial, pertanda ada gangguan pencernaan, sehingga pencernaan protein tidak sempurna. Namun gangguannya ringan, mungkin virus, sehingga bisa dihalau sendiri oleh daya tahan tubuh yang baik. Sehingga besoknya pun sudah kembali sehat. Intinya, kalau pencernaan bekerja dengan baik, kentut itu tidak terlalu bau, sehingga segera hilang melarut di udara

      • manggut manggut… jadi paham bau kentut busuk bisa jadi virus tho… makanya koq ngilang sendiri besoknya. tiwas saya mikir kayaknya skrg fecesnya memadat soale ga bisa bab walo kentut mulu.

  3. Keren bu postingannya…sekalian mau tanya bu, setiap aku habis minum smoothies buah dan sayuran terutama bayam dan brokoli, sdh dipastikan bakalan ngegas terus, beberapa hr yg lalu sampai agak mual jg, normalkah ini bu dokter?

    • Respon dan sensitifitas setiap orang terhadap gas usus berbeda-beda. Tampaknya brokolilah yang bikin produksi gas meningkat dan otomatis gas-gas tersebut mendesak untuk keluar. Akibatnya produksi gas buang pun meningkat. Awassss……………sssshhhhh.

  4. Nice Posting dok,.. pagi2 bikin saya cekikikan,.. soalnya saya dan suami paling sering main bales2an kentut hehehe. saking seringnya kentut, di kantor suka gak ketahan harus cepet2 kabur ke toilet. sekalian nanya dok emang kalo kembung boleh di kerok?? aman gak siy utk jangka panjang?? apalagi anak saya yg balita, sering banget kembung, kenapa anak2 jarang kentut ya dok?
    terimakasih

    • Subhanallah…baru tahu ada lomba terunik antar suami istri, yaitu lomba kentut. Juaranya yang paling sering atau yang paling banyak atau yang paling apa…..?
      Kerokan itu sebenanrnya bisa dijelaskan secara medis, kok. Boleh2 saja kerokan tiap hari asal ada yang mau disuruh saja. Tapi balita jangan dikerok, ya. Kembung pada anak-anak cukup dibalur minyak kayuputih saja. Balita jarang kentut? Belum ada penelitiannya. Tapi mungkin karena makanan mereka masih sederhana. Gak neko-neko. Beda kan sama ortunya…..

  5. Udo tuh sering kali bunyi kentut nya keras kali. Klo protes, malah bilang, “kirim balik”. Kentut jg Ada hubungan dengan kepribadian kabarnya. Klo kentut nya bunyi, menandakan dia pribadi Чά̲̣πƍ extrovert, sebalik nya yang kentut sembunyi2 tanda pribadi yang introvert.. ƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑ ..

  6. Udo tuh sering kali bunyi kentut nya keras kali. Klo protes, malah bilang, “kirim balik”. Kentut jg Ada hubungan dengan kepribadian kabarnya. Klo kentut nya bunyi, menandakan dia pribadi Чά̲̣πƍ extrovert, sebalik nya yang kentut sembunyi2 tanda pribadi yang introvert.. ƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑ ..

    • apa iya, bunyi kentut berhubungan dengan kepribadian? Untuk ekstrovert berapa desibel batasannya? Silakan diteliti. Tapi mungkin begini : orang introvert kalau ngentut diam-diam saja kecuali ditanya. Orang ekstrovert gak ngentut pun ngaku2. Betul, kan?

  7. Hahahahha
    Morning thunder, hahahahha geli sya dok baca yg itu😀

    Berati mbak2 pramugari yang cantik2 itu punya resiko kentut lebih banyak ya dok😀

    Sy pernah dgrin pengajian dok, ustadzahnya jelasin angin yg keluar dr 2 lubang baik dr belakang maupun dr depan (untuk wanita) membatalkan wudhu. Tp sy kok g bisa menerima angin yg keluar dr lubang depan disebut sebagai kentut. Yang dimaksud ustadzah ini apa ya dok? Sometime emang kyk terasa ada letupan kecil dr depan walau tidak sholat. Penjelasan medisnya apa ya dok? Tetap dihukumi batal wudhu kah?

    Atau fenomena angin depan ini krn sebelumnya buang urin dulu, shg ada sedikit air (maaf) cebok tertinggal dgn gerakan2 sholat dia mnjd sprti tertekan n bergelembung?
    Maaf dok tanyanya aneh2😀 terima kasih banyak

    • Pertanyaan aneh2, jawabnya yang susah. Duuuh….\
      1. Tentang frekuensi kentut para pramugari (dan pilot juga, dong, biar adil), setahu saya belum ada penelitian. Yang sudah ada: siklus haid pramugari, sehubungan dengan seringnya berada di ketinggian.
      2. Kalau udara yang keluar dari vagina, patofisiologinya beda dengan yang dari anus. Itu cuma udara yang terperangkap, dan terkadang bersama air saat cebok. Saya mau buka2 buku fiqih dulu ya…tentang angin depan. Coba konsultasi ulang ke ustadzah
      Lho, ternyata cuna dua item jawabannya. OK, selamat menikmati malam hujan…

  8. Malam Dokter Prita.. Lg d RS, Ada teman Чά̲̣πƍ pendarahan krn perut nya terhimpit oleh anak ny usia 22 bln. Dlm 5 bln ini Dah 3 x msk RS. Rencana nya mau di operasi,krn sering kontraksi. Selain terhimpit, apa penyebab lain nya dokter? Чά̲̣πƍ perlu di waspadai untuk d ambil pelajaran?

    • sayang sekali datanya kurang. Sangat sulit dipastikan bahwa terhimpit oleh anak usia 22 bulan bisa mengakibatkan perdarahan. Usia kehamilannya berapa? Sebaiknya ditanyakan langsung kepada dokter, apa diagnosa yang sebenarnya? Semoga diberikan kemudahan dari ALlah swt

  9. frekuensi kentut saya lbh byk ya dok pas hamil:D sampe ga bs nahan*jd inget pas ada tamu kemarin, pan kita makan, untung mereka lg pada ngobrol dok, suara kentut saya tersamarkan*duh kl lg diem, malu -.* ga bs ditahan dan alhamdulilah ga bau, ga ganggu acara makan2nya:)

    • Hal itu hrs disyukuri mb. Rahma. Soalnya kalau bumil itu kebanyakan gerak ususnya jadi melambat, ujung2nya sembelit dan kembung, termasuk jarang kentut. Kalaupun kentutnya ketahuan dan ada yg protes, bilang saja “kata dokter, banyak kentut itu baik”. :-):-):-)

  10. Dokter, mohon bantuannya, anak saya 2,5 thn laki-laki seringkali diperutnya ada udara yg spt enggan keluar. jika sdh terlalu banyak maka akan nampak benjolan sebesar bola tenis bergerak kesana kemari diperutnya. ini knp ya, Dok?

    • Bu Eka, sebenarnya saya bukan dokter anak, melainkan untuk ibunya. Tapi saya coba bantu analisa. Ananda gemuk atau kurus? Dan selama ini apakah ia BAB setiap hari dan tentunya kentut juga bisa? Kalau keduanya lancar, maka Insya Allah ia baik2 saja. Benjolan tersebut mungkin saja usus, yang tampak menonjol apabila dinding perut tipis. Tapi kalau benjolan itu ada terus menerus dan bergeraknya di tempat yang sama (dekat pusar? atau di bagian mana dari perut?) maka saya sarankan diperiksakan ke dokter saja. Mungkin itu hernia.

  11. Dokter Prita postingnya sangat menarik, karena saya sedang penasaran dengan kentut ini hehehe sebulan terakhir ini saya sarapan sereal wheat dan susu segar setiap hari. Makan nasi hanya di siang hari, malam berganti2 antara sayur dan lauk, buah dan lauk, roti dan buah, atau bubur kacang2an. Rasa-rasanya koq saya jadi lebih sering kentut dan baunya busuk sekali, sampai mabok sendiri hehehe.. Apakah ini normal ya dok? Sempat terpikir apa karena sereal dan susu itu makanya jd sering kentut, tp disatu sisi dgn sarapan begini sya bisa BAB setiap hari dan konsistensi feces lunak. Dlu ketika sarapan roti atau nasi, saya tidak bisa BAB setiap hari.
    trims sebelumnya. Ani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s