2012 in review – Hadiah Tahunan dari WP

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2012 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

600 people reached the top of Mt. Everest in 2012. This blog got about 12.000 views in 2012. If every person who reached the top of Mt. Everest viewed this blog, it would have taken 20 years to get that many views.

Click here to see the complete report.

Awalnya saya pikir hanya sekadar ucapan Selamat Tahun Baru dari admin WP, tapi ternyata lebih dari itu!  Resume dari sebuah blog yang tadinya ingin saya kerjakan sendiri *anganangan* namun ternyata sudah dibuatkan oleh  WP dengan lebih lengkap.  Sebuah pelayanan prima yang tidak hanya sebatas slogan.  Dan merupakan  satu lagi kelebihan WP yang tidak kita dapatkan di MP.

Poin pertama adalah tentang pengunjung yang mencapai 12.000 orang.  Kalau saya amati memang pengunjung di WP lebih banyak daripada MP.  Apa sebabnya? Saya sendiri belum bisa menjawabnya.  Namun banyaknya pengunjung tersebut berbanding terbalik dengan komentar.  Komentarnya miniiimm. Padahal untuk memberi komen di WP itu tidak harus jadi member dulu.  Beda dengan MP, dimana untuk komen seseseorang harus jadi MPer dulu. Dan dengan cerdiknya WP membuat si pemilik blog tersanjung, dengan cara membandingkan antara jumlah pengunjung dengan pendaki puncak Everest!  Ada-ada saja!

Rekor kunjungan dalam 1 hari selama ini adalah 286 orang.  Jujur,selama di MP belum pernah lapak saya dikunjungi oleh lebih dari 100 orang per hari.  Tapi ya itu tadi….286 orang dalam sehari dan postingan yang terbanyak dilihat hari tersebut adalah “Keajaiban Plasenta” itu tidak berbekas, alias tanpa komen!

Sedangkan tulisan yang banyak dibaca sejak WP saya berdiri di bulan Agustus adalah “Ibu Hamil, Bolehkah Minum Es?” Kelihatannya sederhana, namun dalam maknanya.  Ternyata, sampai dengan saat ini, setelah lebih dari 10 tahun saya bergaul dengan para ibu hamil , isu tidak boleh minum es masih tumbuh subur di kalangan para ibu hamil maupun para orang tua dan mertuanya.  Miris? Iya tentu saja.  Namun ini semakin menguatkan tekad saya untuk terus berbagi lewat jurnal-jurnal maya sesuai dengan bidang yang saya geluti.

Terakhir, ada 5 besar komentator.  Tentu saja mereka-mereka ini harus diapresiasi.  Diberi ucapan terimakasih.  Meskipun pihak WP juga dengan bijaknya meminta kita memfollow dan mengucapkan terimakasih kepada mereka.

Inilah para komentator tersebut :

1. Mb. Rahma Balci nun jauh di Turki, sahabat sejak MP, sejak pengantin baru sampai sekarang sedang menikmati jadi bumil.  Terimakasih, mb. Rahma.  Semoga isi blog saya dapat bermanfaat dalam menjalani kehamilan di negeri orang

2. Mb. Tintin, tetangga dekat sebenarnya dan sudah pernah kopdar.  Beliau juga sahabat dari MP, dengan pengalaman sebagai blogger yang sudah jauh melebihi saya.  Terimakasih, mbak Tin, semoga kopdar kedua yang kita rencanakan dimudahkan Allah di tahun 2013 ini, ya

3.Mb. Antung Ayana, penulis yang tinggal di Pontianak.  Baru menjalin kontak dengan beliau semenjak di WP, padahal waktu di MP sudah sering melihatnya berseliweran.  Terimakasih, mbak.  Semoga bisa jumpa di tanah khatulistiwa.

4. Mb. Ria, dara penyuka craft yang tinggal di Bandung.  Sahabat sejak MP juga.  Terimakasih atas komen2nya sehingga menyemarakkan rumah maya saya.

5. Pak Iwan Yuliyanto, yang selama ini banyak saya tanya soal perWPan, dan terutama adalah saya menyukai permainan piano Nana – putri beliau- yang bisa membuat saya deja vu.  Terimakasih, pak.

 

 

 

 

14 thoughts on “2012 in review – Hadiah Tahunan dari WP

  1. Wah keren page viewnya Bunda… postingannya sarat manfaat sih, jadi ranking blognya juga tinggi.
    Saya kok belum dapet annual report ya? Apa karena baru 3 bulan ngeblog di WP sini?

  2. WP keren ya membuatkan Annual Report untuk semua user, sehingga membantu kita untuk refleksi selama ngeblog periode tahun tsb.

    Memang, banyaknya komen di MP bukan berarti menunjukkan banyaknya pengunjung. Bisa jadi pengunjungnya adalah MPer saja atau mayoritas.
    Sedangkan WordPress yang sepi komen tapi mudah dikunjungi oleh mereka yg berawal dari gugling. Jumlah pembaca hasil pencariaan google tentunya jauh lebih banyak dari MPer. Hanya saja, masyarakat kita yg belum terbiasa meninggalkan komentar🙂

    Barusan saja saya check di Alexa Rank:
    Peringkat WordPress adalah 22.
    Peringkat Multiply adalah 608.
    Ini artinya tulisan-tulisan ibu yang di WordPress akan sering menduduki halaman-halaman awal di mesin pencarian google, sedangkan peringkat Multiply yg makin tenggelam sejak ditinggalkan para MPer membuat sulit untuk muncul di halaman google.

    Awal tahun lalu peringkat WP = 24, sedangkan Multiply = 425, sepertinya MP ditahun ini hingga akhir tahun akan terjun bebas hingga lenyap di mesin pencarian Google🙂

    • Terimakasih atas info yang berharga ini, pak. Tapi ternyata blogspot (ranking 12) masih diatas WP (ranking 23) ya. Kalau begitu kita turut berduka, dong, dengan Tenggelamnya kapal Van der MP. Apakah itu sebabnya mengapa sampai di 1 Januari ini MP masih hidup? Para admin jadi ragu menutup fasilitas jejaring sosial setelah melihat merosotnya ranking MP.

  3. Alhamdulillah🙂 Gak nyangka ada namaku disitu ….
    Blognya Ibu Dok bermanfaat dan bagus-bagus, nambah pengetahuan juga. Jadinya sering mampir disini. Insyaallah bisa kopdaran ya Bu🙂

    • he..he..ssaya juga tidak nyangka dapat hadiah dari WP. Sudahkah cek email? Kata pak Iwan semua WPer dapat kiriman kok. Aamiin….*mengaminkan supaya terkabul cita2 kopdaran kalau nanti saya ada acara ilmiah di Bandung ya*

  4. mbak dokter teterengkiuuuuuuuu, inshaallah minggu depan daku ada waktu ketemu beneran.. bacanya jadi senang dan nambah ilmu.. ternyata emang ya wipi lebih menghargai penggunanya daripada empi ya.. apalagi empi ditinggalin gitu jadi lamalama hilang dari search google deh.. biar gitu tetep lebih cinta empi deh kemanamana.. huhuhu..

    *ngakak baca istilah “kapal van der mp”..

  5. terimakasih kembali mbak Tin……saya tetap menunggu kok. Mungkin karena hampir karam dan hilang maka Stefan segera putar balik….gak jadi bubarkan blogger MP. Tapi sayang……sudah kadung di WP. Meskipun kekeluargaan di MP memang belum ada yang menyamai ya, mbak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s