Serial kanker Serviks (3) – Penyebab dan Pencegah

Disebabkan Virus ?

Dahulu, banyak teori dikemukakan dalam rangka mencari penyebab dari KLR, namun penemuan terakhir menyatakan bahwa  penyebab KLR dikaitkan dengan infeksi Virus Papilloma Manusia (Human Papilloma Virus = HPV).  Ini berdasarkan pada kenyataan bahwa  virus HPV ditemukan pada 99,7% penderita KLR.  Virus HPV sendiri ada bermacam-macam,sedangkan yang didakwa sebagai pemicu KLR adalah HPV tipe 16 dan 18.  Dua tipe HPV lagi, yaitu 6 dan 11, berkaitan dengan infeksi virus Condyloma Accuminata (jengger ayam)

 

penampakan virus HPV

penampakan virus HPV

Ternyata Bisa Dicegah

Saat ini, telah tersedia vaksin untuk mencegah infeksi HPV tipe tertentu (tipe yang mayoritas menjadi penyebab KLR).   Keefektifan vaksin ini sudah terbukti 100% untuk HPV penyebab KLR, khususnya tipe 16 dan tipe 18, meskipun saat ini masih terus dalam penelitian.  Ada lagi HPV tipe 6 dan 11 yang menyebabkan infeksi virus Condyloma Accuminata.  Nama virusnya cantik, tetapi akibatnya bikin bergidik, karena Condyloma Accuminata ini menimbulkan lesi di kelamin menyerupai jengger ayam!

Untuk mendapatkan vaksin ini bisa menghubungi rumah sakit/dokter kandungan/dokter umum terdekat. Ada 2 macam vaksin, yaitu vaksin bivalen (mencegah infeksi HPV tipe 16 dan 18) dan vaksin quadrivalen (mencegah infeksi HPV tipe 16, 18, 6, dan 11). Tentu saja, harga vaksin quadrivalen lebih mahal.

contoh vaksin bivalen

contoh vaksin bivalen

gambar 2 . contoh vaksin quadrivalen

Siapa saja yang bisa memanfaatkan vaksin ini? Seluruh wanita dalam rentang  usia 10-55 tahun.  Jadi, selain kepada ibu-ibu, vaksinasi ini juga bisa diberikan kepada remaja putri apabila sudah memenuhi batas usia minimal.  Tidak harus sudah menikah.  Vaksin diberikan sebanyak 3 kali dengan interval 1 bulan dan 6 bulan.  Misalnya, bulan Januari vaksinasi ke-1, maka vaksinasi ke-2 nya di bulan Februari, dan vaksinasi ke-3 (terakhir) di bulan Agustus.

Pemberian kepada wanita yang sudah menikah disyaratkan dalam kondisi bebas infeksi HPV, yang dibuktikan dengan pemeriksaan Pap Smir normal, serta tidak dalam kondisi hamil. Namun vaksinasi pada masa menyusui diperbolehkan.  Sayangnya, harga vaksin ini masih tergolong mahal, yakni berkisar antara 700 ribu sampai 1 juta perkali suntikan (tergantung merk/jenis).  Namun kendala harga dapat diatasi dengan menabung atau sistim arisan, misalnya.  Bukannya kesehatan memang bukan segalanya, tapi tanpa kesehatan segalanya bukan apa-apa? (nin)

T.A.M.A.T.

27 thoughts on “Serial kanker Serviks (3) – Penyebab dan Pencegah

  1. dr. prita yang cantik, makasih banyak ya atas sharingnya..
    bermanfaat sekali untuk mereka yang belum mengenal kanker serviks dan pencegahannya, karena saat ini masih minim sekali edukasi mengenai kanker serviks di masyarakat..:)

    *oya, bagi teman-teman yang ingin melakukan vaksinasi kanker serviks,terutama dengan vaksin jenis quadrialen, dapat menghubungi saya, insha Allah saya dapat membantu..🙂

    • ayo dikoordinir, mbak Tin. Yang penting jangan sampai jadwal vaksin yang sebulan itu kelewatan gegara belum keluar kocokannya🙂 Malahan saya sudah pernah juga nanya ke sebuah bank syariah, bisa gak bantu tabungan untuk vaksinasi ini….tapi belum ada respon.

  2. Oh vaksinnya pake interval ya Bu. Tujuannya untuk apa ??
    Trus syarat atau ketentuan apa saja kalau saya mau vaksinasi ini ?? Kisaran harganya bagaimana ??

    *maaf ya Bu jadi nanya2 terus

    • Tujuannya supaya tercapai level antibodi yang cukup, tentunya. Justru kalau belum nikah (baca : belum pernah berhubungan intim), syaratnya cuma usia saja, yakni di atas 10 tahun. Kisaran harga, sudah tertulis di jurnal. Antara 700 sampai sejuta lebih sedikit. Tergantung juga rumah sakit tempat vaksinasi. Boleh juga tuh tanya2 mbak Mahiazara…

    • eh iya….bikin jurnal ini kan dulu by your request, ya. Makanan yang dipantang secara khusus sih tidak ada. Adapun pantang makan makanan yang banyak berbahan kimia itu kan berlaku umum. Yang penting Halal Baik Enak, ya kan…

  3. iya makasih ya…saya lagi mempelajari lagi dan mau nabung buat ikutan vaksinnya.asik bisa request yg lain juga ya…saya blm bisa pake wp neh..pdhl pengen pm ke dokter.

  4. Alhamdulillah akhirnya tadi papsmir juga.. Hehe.. Dok kalau sudah vaksin, masih harus rutin pap smear juga nggak ya? Vaksinnya sekali seumur hidup cukup dok?

  5. saya terakhir pap smear oktober th 2012. ini habis kuret karena keguguran. sebaiknya boleh pap smear lagi setelah berapa minggu dokter? terus vaksin ini bisa didapat dimana ya? dan usia saya sudah 36 tahun. apakah masih efektif untuk vaksin?

    Terima kasih

    • Bu Suci, papsmir bisa dilakukan 6 pekan pasca keguguran. Setelah keluar hasilnya dan didapatkan normal, bisa langsung lanjut vaksinasi. Utk pelaksanaannya bisa di rumah sakit atau di praktek SpOG. Usia 36 masih efektif, bu. Rentang usia yg dianjurkan adalah 10-55 th. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s