Serial Kanker Serviks (1) – Perkenalan Pertama

Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim (KLR) adalah kanker yang menyerang area mulut/leher rahim seorang wanita . Kanker ini merupakan jenis keganasan yang terbanyak diderita oleh kaum wanita, baik di Indonesia, maupun di dunia.  Tertinggi angka kesakitannya, tertinggi pula angka kematiannya. Namun selama ini masih saja ada yang rancu membedakan antara serviks (mulut rahim) dengan rahim.  Kanker yang banyak memakan korban ini justru menyerang mulut rahim, yang hanya seluas kira2 2 x 2 cm saja.

cervix.www.services.epnet.comjpg

Penyebab yang melatarbelakangi kondisi tersebut adalah terlambatnya para penderita mendatangi dokter, sehingga saat ditemukan pertama kali kanker sudah dalam stadium lanjut.    Adapun penyebab kenapa sampai terlambat berobat adalah karena kanker ini pada stadium awal tidak menunjukkan gejala yang berarti.   Para penderita umumnya  tidak merasakan gejala apa pun padahal dirinya sudah tersesrang kanker tersebut .

Pada tahap dini, pemeriksaan dengan mata telanjang pun tidak menemukan kelainan apa pun, alias masih tampak normal-normal saja.  Disinilah pentingnya, deteksi dini!  KLR yang ditemukan dalam tahap dini, angka kesembuhannya bisa mencapai 90%. Dengan deteksi dini, kelainan yang masih dalam tingkat perubahan sifat sel sudah bisa diketahui untuk kemudian ditindaklanjuti dengan terapi.

Siapa yang berisiko untuk terserang kanker serviks? Ingat berisiko bukan berarti pasti kena! Namun risikonya lebih tinggi dibandingkan wanita lain.

Saat ini hanya ada 3 faktor risiko utama yang memudahkan seseorang terserang KLR, yaitu :

  1. Kontak seksual pada usia yang sangat muda
  2. Multipartner seksual
  3. (lagi-lagi) Merokok (aktif dan pasif)

Perokok pasif3.stopsmokingway.com

Dan ada beberapa risiko yang menyertai penderita kanker KLR yakni :

  1. Sering melahirkan
  2. Faktor nutrisi
  3. Penyakit hubungan seksual, terutama Herpes dan HIV
  4. Penggunaan kontrasepsi hormonal yang lama

Didapatkan juga bahwa para wanita yang suaminya dikhitan angka kejadian KLR lebih rendah daripada yang suaminya tidak dikhitan.  Hal ini dikarenakan pada pria yang dikhitan akan lebih jarang terinfeksi dengan HPV. (nin)

bersambung

18 thoughts on “Serial Kanker Serviks (1) – Perkenalan Pertama

    • ada 2 macam herpes. Herpes Zoster, menyerang kulit, dan timbul pada 1 sisi saja. Misalnya di punggung, dada, perut. Herpes simpleks, menyerang mukosa. Bisa di genital, bisa di bibir/sudut mulut. Kalau herpes simpleks masuk ke golongan PMS (penyakit menular seksual)

  1. Sepupuku juga meninggal karena kanker serviks, usianya masih 35 tahun dengan 2 anak yg masih kecil2. Waktu awal-awal sering pendarahan, dikirain hamil lagi atau keguguran. Eh ternyata setelah diperiksa sudah stadium 3. Jarak dari stadium 3 ke 4 cepet sekali, dan nggak ketolong lagi😦

    *makasih udh share infonya ya Bu Dokter
    *langsung ke bagian yg ke-2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s