Tentang Kehidupan Anak (2)

Kemarin, 21 Maret, hari Down Syndrome sedunia. Terharu melihat mereka, penyandang DS itu bisa bergembira dan berprestasi di tengah orang2 yg menyintainya.  Kasus DS selama ini dikaitkan dengan usia ibu hamil. Karena jumlahnya melonjak apabila ibu hamil sudah berusia di atas 35 tahun, apalagi kalau di atas 40 tahun.

5 juta (38,6 persen)  balita Indonesia berbadan pendek, menurut standar usianya.  Inilah temuan Prof. Soekirman, guru besar Ilmu Gizi, IPB.  Dam jumlah itu menduduki peringkat ke 5 di dunia.  Data WHO menyatakan penyumbang balita badan pendek terbesar di dunia adalah India.  Hal ini menunjukkan kekurangan gizi kronis, terutama unsur Seng yang terkandung dalam protein hewani. Dan proses kekurangan gizi tersebut sudah dimulai semenjak dalam kandungan ibu.  Nah, para ibu yang sedang hamil, mohon tidak menabukan mengonsumsi suplemen multivitamin, ya.  (Republika, 24 Juni 2010)

 

India – China – Nigeria – Pakistan – INDONESIA……5 Besar negara dengan anak pendek di dunia! “Pada 2010, tinggi rata2 anak Indonesia kurang 6,7 cm dan standar (untuk anak laki) dan kurang 7,3 cm (untuk anak perempuan)”@sepasangmatabola : Bu Dokter, asal tahu aja, banyak orang penting di dunia Barat juga pendek-pendek lho… Contohnya: Napoleon Bonaparte, bahkan para jenderal di Amriki yang pegang posisi penting justru rata-rata pendek. Pendek badan tidak sama dengan pendek kemampuan otak, lho Bu Dokter… :)).  @miapiyik : dillema ya mba Prita, anak pendek vs obesitas anak, jd masalah epidemiologi di Indonesia, @cepaka : Soalny saat ini masy indonesia masih berfikir anak sehat tu indikatorny dr gemuk atau g waktu kecil,jd g terlalu mempertimbangkan tinggi badan sbg acuan..

Adakah Kota Layak Anak (KLA) di Indonesia? Ini kriterianya : 1) Tidak ada penculikan anak, 2) Trotoar aman dan nyaman sebagai tempat lalu lalang anak, 3) Tersedia lampu2 JPU, 4) Pengaturan jam belajar anak yg tepat, 5) Tersedia tempat bermain anak, 6) Pasar2 menyediakan tempat penitipan anak, 7) Ada rumah baca, 8) Merupakan area bebas pekerja anak, 9) Bebas dari paparan iklan rokok (Kementr Pemberdayaan Perempuan/komnas PA, Republika 15/4/10)….Rasanya belum ada ya di Indonesia tercinta ini

 

Mohon Perhatian Para Orang Tua! Hanya 11% dari anak Indonesia yang terbebas dari karies (gigi berlubang). Riskedas 2007. (Posting dalam rangka Hari Kesehatan Gigi Sedunia)

Angka kemiskinan turun dari 14,1 % menjadi 13,3 %  atau penduduk miskin menyusut sebanyak 1,5 juta orang”, kata Hatta Rajasa mengutip data BPS 2010 (Headline Republika, 4 Januari 2011).  Di Kompas hari ini, 5 Januari 2011, halaman 15: “Hunian Kumuh Terus Meningkat”, ucap Mensos Salim Segaff Al Jufri.  Sementara itu headline Republika hari ini “Kami Terpaksa Makan Tiwul” (berita tentang sebuah keluarga yang kematian 6 orang anaknya akibat keracunan tiwul).  Inilah potret Indonesia…dimana orang miskin masih jadi obyek data statistik.  Ayo berbuat !!!

Berapakah batasan usia yang disebut ‘pemuda’? Menurut UU Kepemudaan tahun 2010 adalah mereka yang berusia 16 sampai 30 tahun. Inilah sosok pemuda ideal menurut Al Qur’an yg ditulis oleh Hilman Hakiem di kolom Hikmah Republika 281010 : 1)Memiliki keberanian dalam menyatakan kebenaran dan siap menanggung risiko dlm mempertahankan keyakinannya (QS 21:56-70), 2) Memiliki rasa ingin tahu yg tinggi sehingga tidak pernah berhenti belajar (QS 2:260), 3) Berupaya utk berkelompok dlm bingkai akidah yg lurus (QS. 18: 13-25), 4) Menjaga akhlaq dan kepribadian yg lurus (QS  12:22.24, 6) Memiliki etos kerja tinggi sebagaimana dicontohkan oleh Muhammad SAW

2 thoughts on “Tentang Kehidupan Anak (2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s