Tentang Ibu dan Para Perempuan….

Sesungguhnya setiap hari adalah hari ibu. Tiada hari tanpa tangan dan suara ibu. Karenanya, semua jadi terlalu biasa. Marilah, sejenak kita lantunkan doa,  khusus buat ibu. Luangkan waktu untuk sekedar menyapa ibu. Lewat kunjungan, telepon, tulisan, surat elektronik, atau apa saja.Selamat Hari Ibu!

“Ibu Ainun, berbahagialah anda.  Tidak banyak istri yang berangkat dengan jemari tergenggam suami terkasih saat berpulang kepada Sang Kekasih, Pencipta kita semua.  Tak semua suami bisa berkata tegar, menemukan kesabaran setelah meredam jerit yang kalau melengking pun sebenarnya wajar.  Setelah menekan rasa dalam-dalam di dada, kami semua mendengar, langsung atau tidak, suamimu berkata,”Kami sekeluarga rela melepasnya.  Kami menyintai, tetapi Allah jauh lebih menyintainya” (mengutip tulisan Darmawan Sepriyosa dalam Republika 240510), berkenaan dengan wafatnya dr. Hasri Ainun Habibie, SpA.  Innalillahi wa innailaihi roji’uun.

Apa ciri2 ibu miskin di Indonesia? 1) Miskin gizi, 2) Miskin Pengetahuan Kesehatan Reproduksi, 3) Miskin waktu memeriksakan kesehatan, 4) Miskin ketrampilan untuk meningkatkan status ekonomi keluarga, 5) Miskin akses pelayanan kesehatan dan KB berkualitas, 6) Miskin perhatian dari lingkungan sosial budaya yang membiarkan terjadinya perkawinan dan kehamilan usia dini, dan menganggap biasa perempuan makan terakhir, tidur terakhir, dan bangun terpagi (Saparinah Sadli dalam “Nasib Perempuan Indonesia”, Kompas, 21 April 2010)

WANITA bicara 7000 kata perhari, sedangkan PRIA bicara (hanya) 2000 kata perhari (femina,07/XL). Cocok…?? suara wanita juga memiliki lebih banyak frekuensi dibandingkan suara pria. Otak pria membutuhkan waktu beberapa saat untuk bisa menganalisa. Sehingga kesannya, pria tidak mendengarkan kata2 wanita…

Bila lelah menyapa perjuanganmu, pejamkan matamu. Dan bayangkanlah Asma bt Abu Bakar yg sedang memanjat tebing saat berjihad.
Bila ujian hidup membuatmu menangis, renungkan ketabahan ASIYAH, istri Fir’aun.
Bila celaan menyapa langkahmu, hadirkan kesabaran MARYAM.
Bila putus asa membuatmu menyerah, lecutlah dirimu dengan semangat HAJAR kala berlari melintasi Shafa – Marwah .
Ketahuilah, mereka adalah para perempuan yang diidentikkan dengan kelemahan, tapi cinta pada Rabbnya lah yang membuat mereka tegar dan bertahan…. (SMS dari nomor tak dikenal dalam rangka hari Kartini)

Ibuku, di malam menjelang hari ibu, mengingatkanku, “Sudahkah engkau memohonkan jodoh terbaik untuk anak2-mu sebagaimana yang kulakukan dulu?”

Meneliti berkas rekam medik pasien yang baru bersalin tadi malam….Ny. Fulanah, usia 40 tahun, anak ke 6.  Suami: Tn. Fulan.  Pekerjaan : Pengemis… ^__^ (langsung nyesek dan speechless!)

Dalam Setiap Keindahan Selalu Ada Mata Yang Memandang, Dalam Setiap Kebenaran Selalu Ada Telinga yang Mendengar, Dalam Setiap Kasih Selalu Ada Hati yang Menerima (Hellen Keller, 1880 – 1968, penyandang Tunarungu, Tunanetra, dan Tunawicara, menjadi penulis, dosen, dan aktivis politik di AS setelah berjumpa dengan guru yang mampu menggali kecerdasannya, Anne Sullivan)

Dan saya akhiri dengan sebuah kuis khusus perempuan :

Seorang petani miskin punya anak gadis cantik. Petani terjerat hutang ribawi. Rentenir datang dan mengajukan pilihan, hutang diputihkan asal si gadis mau jadi istrinya. Petani dan anaknya menolak! Akhhirnya rentenir membuat jebakan. Si gadis harus mengambil batu dalam sebuah kantung tanpa melihat. Kalau yg terambil batu hitam, ia harus mau dinikahi rentenir dan hutang bapaknya diputihkan. Kalau yg terambil batu putih, hutang diputihkan dan mereka bebas. Kalau menolak mengambil batu, bapaknya dipenjara. Rentenir menyodorkan kantung berisi batu, namun si gadis sudah mengetahui kecurangannya, yaitu batu di dalamnya berwarna hitam semua. Apa yg dilakukan si gadis cerdas?

 

 

7 thoughts on “Tentang Ibu dan Para Perempuan….

  1. Subhanallah…..selamat hari ibu utk semua ibu di dunia, tetap semangat berjuang dan bersabar dlm membahagiakan keluarga tercintanya! wah bener bgt nih kutipan yg dr Kompas ttg paling terakhir utk urusan makan, tdr dll😀
    hmmmm kuis nya lumayan nih bu, menyusul ya jawabannya mau mencari ilham dulu nanya bocoran jawabannya😀

      • bahasa lisan beda sama tulisan..
        kalu ngajar pastinya omong lebih dari 7000.. tapi seharihari daku diem kog.. sama pegawe aja cukup bilang selamat pagi dan terimakasih.. lebihnya kerja..
        dan lebih banyak dicurhat deh mbak..
        jadi kalu banyak omong kalu ketakketik dowang.. mogamoga rumah dimari senyaman rumah empi ya..

      • Baguslah mbak Tin jadi wadah curhatan orang lain. Allah ciptakan 2 telinga supaya kita lebih banyak mendengar, dan hanya menciptakan 1 mulut supaya lebih sedikit bicara. Tapi saya tetap berharap penghuni WP jangan terlalu irit komennya……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s