Makan Sea Food Bisa Haram, Lho

Hati-hati! Makan seafood pun jangan lantas tenang2 saja karena yakin  akan kehalalannya. Banyak resto seafoood yang menambahkan angciu (arak ) ke dalam masakannya.

  • @mawaddah1985 : sebenarnya saya miris juga lihat banyak orang dengan mudahnya makan tanpa mempertimbangkan kemungkinan halal haamnya… contoh selain seafood adalah makanan jepang… sushi.. yaa emang dari ikan, tapi kalo di negara asalnya sushi itu pake arak bikinnya….
    but they dont think that important thing…

    sekali ada resto baru, langsung dicoba tanpa mikir kehalalannya…😥

 

  • @nunksubarga : Iya…teman saya kerja di resto sebuah mall ga pernah mau makan di restoran nya sendiri…karena tau prosesi masak nya pakai arak
  • @enkoos : Jangankan resto seafood, warung mie pojok kampungpun ada yang menggunakan arak. Penjualnya berjilbab.  Salah satu bahan pembuat dessert (seperti cake, bread, pudding dan sejenisnya) adalah vanilla. Kalau di Indonesia, banyak menggunakan vanilla bubuk walaupun bisa juga menggunakan vanilla bean yang tumbuh subur di Indonesia tapi lebih banyak di ekspor. Sedangkan di US, lebih banyak menggunakan vanilla extract yang berupa vanilla bean direndam cairan beralkohol seperti bourbon atau vodka. Alkoholnya inilah yang digunakan. Vanilla bean mahal sekali.

    Alhamdulillah semahal mahalnya vanilla bean, masih lebih murah di Indonesia yang harganya 200ribu/kg. Beli sekilo, dibagi bagikan ke sanak sodara teman dekat teman jauh sekampung senegera tetangga handai taulan masih juga nyisa banyakkkk sampe detik ini. Itupun kalau saya pake baking, sangat boros. Takarannya dilebihkan dari resep.  Aku beli tahun 2008 di Sulawesi, langsung dari petaninya. Waktu itu lagi dijemur🙂 Karena murah, ya aku beli sekilo karena bandingannya dengan harga di US yang sebatangnya dua dolar lebih. Wedew…
    Sekilo itu dapet satu tas kresek penuh.

    Kalau di Jakarta, coba cari supermarket yang banyak menyediakan bahan2 kue impor seperti Ranch Market, Hero Kemang, Kemchick atau TBK (toko bahan bahan kue). Tetapi aku gak tau apakah kualitasnya sama dengan yang aku beli di petaninya langsung.

    Tadi barusan googling, nemu link ini http://organicindonesianvanilla.blogspot.com/2010/06/local-customer-order.html
    Jualan vanilla bean tanpa minimum order. Kebunnya di Jawa Barat. Selain jualan vanilla bean, juga jualan produk olahan vanilla maupun bibit vanilla.Insya Allah enggak semua sushi menggunakan mirin dan sake (bukan arak tetapi sama sama mengandung alkohol). Yang perlu kita waspadai adalah
    1. Soy sauce yang digunakan sebagai saus celupan yang biasanya berdampingan dengan wasabi. Ada soy sauce yang mengandung mirin ada yang tidak.
    2. Saus kecap untuk bahan perendam smoke eel yang hampir selalu mengandung mirin.
    3. Cairan yang digunakan untuk nasi sushi. Kebanyakan hanya menggunakan rice vinegar (cuka) dan gula.
    4. California roll yang salah satu bahan utamanya adalah imitation crab, dimana setelah saya baca pada labelnya ada kandungan mirin.
    Berbagai cake yang sudah dikenal seperti tiramisu dan black forest cake. Yang saya tahu tiramisu menggunakan liqour. Black forest diberi percikan rhum pada tiap lapisan cakenya supaya cake tetep moist.

    Kalau kita gak yakin, lebih baik bertanya ke pembuatnya apa saja bahan yang digunakan dalam pembuatan cake / makanan yang kita pesan. Sebagai konsumen kita memiliki hak untuk bertanya.
    Jadi paling aman, ya bikin sushi sendiri.

  • @Iraprajuritkecil : Tiramisu pake kahlua, sejenis minuman beralkohol rasa kopi. Tapi ga semua cakeshop pake itu. Di NCC, diajarin kok bikin tiramisu tanpa kahlua. Sama juga dgn black forest yg pake kirsch, minuman alkohol pula. Ada subtitusinya…Yang rada ngeselin sebenernya banyak orang kita bikin makanan pake tambahan yang gak perlu…
    ada ice chocolate di cafe, dipakein rhum…
    bikin es coklat mah biasa aja kali…. gak usah tambah2an segala…
  • @lolytadiah : Bener Dok, sekarang rasanya masak pake angciu itu udah jadi kewajaran, bahkan restaurant yang memasang tanda halal pun kadang pas kita tanya ternyata pake angciu…:(
    belu lagi cake2 yang pake rhum…. memang lebih aman masak sendiri, aman dan murah…:)
  • @miapiyik : iya, alasannya supaya seafood tidak amis pake arak😦 duh, mending beli yang pasti aja, masak sendiri ya dok
  • @subhanallahu :

Banyak juga sebenarnya yang pake barang haram seperti Ang Ciu bukan hanya seafood, beberapa waktu lalu ketika main ke sebuah Mall besar di Jogja dan makan di sebuah food corner, saya memperhatikan proses pembuatan nasi gorengnya. Ternyata ya pake Ang Ciu juga…  Pengalaman saya juga ada tentang seafood ini: http://subhanallahu.multiply.com/journal/item/151/Saya_ga_mau_makan_seafood_lagi .  Ini fotonya:

6 thoughts on “Makan Sea Food Bisa Haram, Lho

    • pada umumnya tidak sampai nggliyeng sih, namun lebih ke arah aroma. Tapi itu mungkin saja terjadi pada orang yang sangat sensitif. Cake yang rawan dikasih rum misalnya, tiramisu, balckforest, kue sus (vlanya), klapper tart, vlanya puding, dll). Hati2 makan di bakery/toko kue yang tidak bersertifikat halal!

    • harus itu, mbak Tin. Hukumnya wajib. Kalau ada yang meragukan lebih baik ditinggalkan, karena makanan lain yang halal juga masih sangat banyak. Tapi, logo yang diperhatikan adalah logo halal MUI ya, bukan yang “halal made in dhewe”

    • kalau di LN mah jelas harus hati2, mbak. Tapi di kampung sendiri yang notabene penduduk muslim terbesar begini radarnya peduli halalnya ternyata masih harus dipanteng terus..😦. Selamat memasak, mbak Jasmine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s