Tentang Bakteri (Ibu Hamil Wajib Baca)

BAKTERI (dalam makanan) BERBAHAYA UNTUK BUMIL.  Namanya cantik2…………… Simak ini :

    • 1. Listeria sp : banyak ditemukan pada makanan siap saji yang dimasukkan ke dalam kulkas
    • 2. E.coli : banyak berada pada makanan mentah, setengah matang, jus buah, dan produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi
    • 3. Vibrio sp : banyak ditemukan dalam makanan mentah dan jenis kerang-kerangan yang tidak dimasak sampai matang
    • 4. Salmonella : banyak ditemukan dalam berbagai jenis makanan mentah dan setengah seperti ayam, telur, dan susu

    Penjelasan : bakteri dalam makanan ini umumnya menimbulkan manifestasi klinik berupa diare/gangguan pemcernaan lainnya.  Khusus untuk Vibrio sp, bisa menyebabkan kolera, yaitu penyakit diare hebat dengan ciri khas fesesnya berupa cairan seperti air cucian beras.  Penderitanya dengan cepat bisa jatuh ke kondisi dehidrasi.  Bahkan, pada jaman dulu, kolera ini bisa meledak jadi wabah yang mematikan.

    Sedangkan Salmonella, bakteri bernama cantik ini menyebabkan penyakit tifus.  Perhatikan bahwa bakteri ini bisa mencemari susu yang tidak dipasteurisasi dengan baik (hati-hati untuk konsumen susu murni!), dan bisa menembus cangkang telur (hati-hati untuk yang percaya bahwa telur setengah matang itu lebih baik daripada telur matang.  Sesungguhnya, telur rebus setengah matang masih bisa mengandung kuman.  Sama dengan kalau kita merebus air setengah matang saja)

    Sumber foto : 1. bakteri E.coli dari en.wikipedia.org

                                 2. bakteri salmonella dari http://www.foodpoisonjournal.com

    Berikut ini komentar sahabat MP :

    drprita menulis on Jun 16
    smaemunah} berkata

    ehem ehem🙂

    hmmmmmm …. nyindir siapa ya??

    drprita
    drprita menulis on Jun 16
    ayyeshakn} berkata

    iya mau nanya kayak gini juga

    sudah terjawab semua, di jawaban sebelumnya. Jus buah, kan buahnya mentah. Bersihkan dengan seksama sebelum dijus

    drprita
    drprita menulis on Jun 16

    bingung kalau beli buah di kerfur kok improt semua

    sebetulnya itu hipermarket bisa digugat kalau tidak memasukkan buah lokal dalam list dagangannya. Kenyataannya, petani buah lokal jerit2 karena terlindas buah impor, sementara dari pihak pemerintah juga melempem mengatur regulasi buah impor. Ayo, galakkan makan “pepaya-mangga-pisang-jambu. Dibeli dari pasar minggu……” #lho kok malah nyanyi?

    drprita
    drprita menulis on Jun 16
    ukhuwahkita} berkata

    klo untuk ibu yang blm hamil apa juga ada efeknya klo mengkonsumsi makanan tsb?

    sama saja. Perut bumil = perut non bumil

    drprita
    drprita menulis on Jun 16
    @p. Rifki : he..he..he sdh ngincipi kupang ya. Kalau mau makan kupang, memang hrs dipastikan pencernaannya bandel dan tahan banting. Selamat! Vibrio itu bakteri penyebab sakit kolera.

    drprita
    drprita menulis on Jun 16
    @p. Iqbal : jus buah kan terbuat dari buah mentah. Jangan lupa cuci bersih buah2nya sblm dijus

    drprita
    drprita menulis on Jun 16
    @mb. Amalia : makanan fast food yg sdh matang dan tdk hbs dimakan. Makanan kaleng juga bisa rawan dgn infeksi bakteri clostridium.

    drprita
    drprita menulis on Jun 16
    @teh Dewi : sama saja antara bumil dan non bumil, teh. Tapi bumil hrs lbh ekstra ketat krn ada tanggungjawab bayi dlm rahim…

    drprita
    drprita menulis on Jun 16
    @starholiceuy : ya, clostridium botulinum itu yg ada di makanan kaleng. Sekaligus juga dipakai sebagai bahan terapi botox ^___^

    drprita
    drprita menulis on Jun 16
    @rinda trewelu : bagus juga ditambahkan clostridium yg gemar sembunyi di makanan kaleng. Mungkin krn namanya kurang feminin ya…

    tintin1868
    tintin1868 menulis on Jun 16
    drprita} berkata

    1. Listeria sp : banyak ditemukan pada makanan siap saji yang dimasukkan ke dalam kulkas
    2. E.coli : banyak berada pada makanan mentah, setengah matang, jus buah, dan produk olahan
    susu yang tidak dipasteurisasi

    3. Vibrio sp : banyak ditemukan dalam makanan mentah dan jenis kerang-kerangan yang tidak
    dimasak sampai matang
    4. Salmonella : banyak ditemukan dalam berbagai jenis makanan mentah dan setengah
    seperti ayam, telur, dan susu

    1. usahakan sekali masak habis, jadi ga ada makanan sisa
    2. woaahh jus juga?
    3. sushi salmon juga ya?
    4. beruntung ga suka telur setengah matang..selamat ulang tahun ya BSMI-nya..

    ivoniezahra
    ivoniezahra menulis on Jun 16
    Jangan2 kemarin diare krn makanannya mengandung bakteri neh

    smaemunah
    smaemunah menulis on Jun 15
    ukhuwahkita} berkata

    Wah harus ekstra hati2 makan dong bu. Iya sama dengan pertanyaan diatas, klo untuk ibu yang blm hamil apa juga ada efeknya klo mengkonsumsi makanan tsb? Makasih bu..

    waahh…alhamdulillah, ehem ehem🙂

    ayyeshakn
    ayyeshakn menulis on Jun 15

    makanan siap saji yg dimasukkan kulkas itu gmn mksdnya bu dokter?
    fastfood yg sudah matang lalu disimpan atau makanan instan kalengan yg disimpan dlm kulkas dan siap makan?

    iya mau nanya kayak gini juga ibu..
    terus, kalau jus buah itu kenapa berbahaya juga, bu?😦

    sukmakutersenyum
    sukmakutersenyum menulis on Jun 15
    kalau buah import?
    bingung kalau beli buah di kerfur kok improt semua😦

    ukhuwahkita
    ukhuwahkita menulis on Jun 15
    Wah harus ekstra hati2 makan dong bu. Iya sama dengan pertanyaan diatas, klo untuk ibu yang blm hamil apa juga ada efeknya klo mengkonsumsi makanan tsb? Makasih bu..

    jampang
    jampang menulis on Jun 15
    makan cepat saji jangan ditao di kulkas yah?
    waduh… di jus juga ada
    Vibrio sp —> mungkin ini yg bikin sakit perut waktu makan kupang yah, kemarin habis makan ada temen yang cerita itu

    mylathief
    mylathief menulis on Jun 15
    Jus buah?

    amaliacelebi
    amaliacelebi menulis on Jun 15
    makanan siap saji yg dimasukkan kulkas itu gmn mksdnya bu dokter?
    fastfood yg sudah matang lalu disimpan atau makanan instan kalengan yg disimpan dlm kulkas dan siap makan?

    rhedina
    rhedina menulis on Jun 15
    Jadi buat bumil mah hrs ekstra bersih dan dimasak benar2 matang ya mbak?
    Trs untuk yg ndak hamil gimana pengaruhnya? Sptnya sama2 bahaya ya?

    starholiceuy
    starholiceuy menulis on Jun 15
    yang ada di makanan kaleng ya?
    trewelu
    trewelu menulis on Jun 15
    clostridium botulinum nggak termasuk yang namanya cantik ya, dok?

5 thoughts on “Tentang Bakteri (Ibu Hamil Wajib Baca)

  1. Wah… saya termasuk penggemar susu murni lho… dan paling demen sama telur ayam kampung setengah mateng (apalagi kalo habis olahraga). Gimana cara aman meng-konsumsi keduanya, bu dokter Prita?

    • susu murni harus sudah dipasteurisasi sesuai prosedur standar. Terkadang kita dapat susu langsung dari induk sapi – benar2 habis diperah – nah, itu yang gak boleh langsung diminum. Kalau telur setengah matang, terpaksa harus dihentikan kebiasaan tersebut, pak. Karena, gizi telur rmatang dan setengan matang, pun tidak berbeda.
      Btw, kok penampakan WP saya jadi berantakan begini ya, pak. Apa gara2 saya copas komen dari MP?

      • Btw, kok penampakan WP saya jadi berantakan begini ya, pak. Apa gara2 saya copas komen dari MP?

        Biasanya itu hanya terjadi di halaman ini saja kok, bu, dan halaman yg sama error-nya. Itu terjadi karena ada script html yg seharusnya tidak perlu terbawa di sini, namun ter-copy. Memang perlu kejelian untuk membuang script html yg tidak perlu, dan itu perlu pengalaman. Saya rasa bu dokter pasti bisa, karena mudah kok.

      • susu murni harus sudah dipasteurisasi sesuai prosedur standar. Terkadang kita dapat susu langsung dari induk sapi – benar2 habis diperah – nah, itu yang gak boleh langsung diminum. Kalau telur setengah matang, terpaksa harus dihentikan kebiasaan tersebut, pak. Karena, gizi telur rmatang dan setengan matang, pun tidak berbeda.
        Sepertinya memang susu murni yg sudah di-pasteurisasi. Alhamdulillah, aman.
        Dan mulai sekarang, saya akan hentikan konsumsi telur setengah
        matang. Terimakasih sarannya, bu dokter🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s