Masih Tentang Bakteri

LEBIH DARI 35.000 SPESIES bakteri yang hidup dalam saluran pencernaan kita. Jumlah tsb merupakan 70% dari seluruh mikroba yang ada di seluruh tubuh, dan 2/3 nya hidup tanpa membutuhkan oksigen. .

Kok banyak sekali? Ternyata saluran pencernaan manusia bila dibedah mencapai luas 200 meter persegi (science dlm republika 12/6).

Hal ini sesuai dgn ucapan Rasulullah SAW bahwa “perut manusia adalah tempat yang paling kotor”.  Penjelasannya, karena dari seluruh bagian tubuh manusia, alat pencernaanlah yang terbanyak mengandung mikroba. Kenapa? Karena di organ pencernaanlah tempat nutrisi yang paling baik untuk pertumbuhan kuman

gambar : alat pencernaan manusia

Tidak semua bakteri jahat. Ada juga bakteri baik. Dan mereka hidup dalam keseimbangan yang selaras dan serasi. Kalau keseimbangan tersebut terganggu, maka sakitlah kita.  Sebetulnya dengan adanya berbagai macam bakteri itulah maka alat pencernaan kita dapat menetralkan kuman2 yang tertelan. *makanan kita kan tidak steril?*

 

gambar diambil dari : http://www.analisadaily.com/

 

 

 

2 thoughts on “Masih Tentang Bakteri

    • tape memang hasil fermentasi. Tapi kalau matangnya sudah lewat 3 hari maka bisa mengandung alkohol (khamr), sehingga statusnya jadi haram. Sumber bakteri baik yang sudah sertifikat halal MUI adalah Y-kl-t .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s