Berbagai Hal Tentang Gizi

  • YOU ARE WHAT YOUR MOTHER EAT.  Setiap kehamilan harus diinginkan dan dipersiapkan dengan baik.
  • HARI GINI MASIH TIDAK SUKA SUSU? Konsumsi susu di Indonesia terendah di antara negara- negara Asia!

Konsumsi susu di Indonesia hanya 11,7 liter per kapita per tahun (2010), sementara Malaysia 30 liter dan Vietnam (saja) 12 liter. Sedangkan peringkat tertinggi diduduki oleh Jepang dan Brunei Darussalam. (RDI dan seminar Early Life Nutrition, Februari 2012)

@keluargapanda : sekarang jadı lebıh serıng mınum susu dı negara suamı..heheh.dulu jarang. orang turkı pengkonsumsı jenıs produk susu juga..dengan jenıs keju hampır 50an banyaknya*bukan cuma prancıs dok yg keju2annya banyak..dısını juga ternyata. bıasanya susu juga dıjadıkan bahan sup atau pudıng sepertı..c..atau dı fermentası yang jadı mınuman bekennya ayran.atau yoghurt buat campuran makanan sayur2annya….pagı2 sarapan dengan 9 jenıs keju*-* atau kaymak*ını juga produk susu yang dı campur madu dı olesan rotı..**kkayaknya saya dısını dı jejelın susu terus jadınya

@myshant : *ngacung tinggi*
saya rajin banget minum susu ketika menjelang hamil-selama hamil dan menyusui bu dokter🙂
itupun nenggaknya gak kalah cepet sama orang nenggak dari sloki, glek-glek cepet bener, trus didorong air putih setelahnya …hahaha…*kadang pake’ acara tutup hidung*
pdhl dari kecil dicekokin susu segar, tetep aja susah untuk mencintai susu
tahu bener manfaatnya, apalagi buat perempuan dan hubungannya sama oestoporosis
skrg kalau lagi insyaf aja, minum susu UHT demi kesehatan tulang🙂

@fightforfreedom : Bisa jadi rendahnya konsumsi susu ini karena daya beli masyarakat yang turun (akibat inflasi). Untuk beli susu kaleng saja butuh ratusan ribu tiap bulannya.

@miapiyik : Dokter Prita, anak-anakku semuanya sejak diet susu 2thn ini, dahaknya ngga kental lagi tiap bangun pagi dan asma berkurang. Dulu sehari susu 2x200ml. Skrg cukup sepekan 2x200ml bahkan kurang, sesekali saja. Sumber kalsium diganti dari sayur hijau, brokoli, ikan teri, dll.

@embunpagi2023: tiap sore saya minum susu hangat sebelum plg kerja, anak2 tiap sarapan dan setelah makan malam, tapi kalo saya lagi rajin sediakan fresh milk literan, jangan ditanya deh, minum terus

@bundanyarafi : kalo menurut buku keajaiban enzim, susu sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi di atas 2 tahun..gimana yah itu dok? @saya : memang ada pendapat seperti itu, tapi dari evidence based nya, susu masih diperlukan sampai usia dewasa, terutama ibu hamil, ibu menyusui, remaja putri, wanita dewasa, dll. Ini berkaitan dengan “tabungan” kalsium

@nunksubarga : Saya sukanya minum susu murni..tapi di Jakarta, kemurnian susu nya tidak terjamin

  • 1000 hari pertama kehidupan anak...perhatikan kecukupan gizi (Hari Gizi Nasional).  Masa itu merupakan golden period bagi intervensi gizi anak, dimana dampaknya bisa terbawa sampai ke kehidupan dewasa. Hari ini memang hari Gizi Nasional (yang terlupakan).
  • Jangan berpatokan pada 4 SEHAT 5 SEMPURNA lagi, karena jargon kecukupan gizi tersebut sudah ditinggalkan.  Sebagai penggantinya adalah GIZI SEIMBANG (Prof. Soekirman, pakar Gizi UI). Seimbang antara zat gizi makro, zat gizi mikro, dan faktor eksternal (keanekaragaman, aktivitas fisik, berat badan ideal, dan kebersihan)
  • Rekor Prevalensi Gizi Buruk di Indonesia dipegang oleh NTT.  Demikian juga gizi buruk pada wanita usia reproduksi terbanyak ada di NTT, Papua, DIY, Papua Barat, Jateng, DKI.  (sumber Riskedas 2010, oleh-oleh dari PIT POGI 2011). *kalau gizi buruk aka kurus di NTT memang benar-benar malnutrisi.  Tapi kalau di DIY, Jateng, dan DKI itu mungkin karena diit … takut gemuk.  Bagaimana kalau para wanita gizi buruk ini hamil? Ayo bergizi seimbang!*

Kompilasi dari beberapa QN di MP

gambar dari : http://www.dentalgentlecare.com

8 thoughts on “Berbagai Hal Tentang Gizi

  1. sepertinya minum susu sepanjang hidup blm membudaya di indonesia ya, dok, kecenderungan di sini, susu itu hanya untuk bayi dan anak-anak, ya walaupun skrg udah mulai digencarkan susu high calcium utk orang dewasa dan manula… yg lebih lucu lagi, banyak orang dewasa yang ga mau minum susu dengan alasan takut gendut, waduuuuhh…

    • padahal negara tetangga yang notabene ras melayu sudah pada suka susu ya.. Saya juga sering sekali jumpa dengan bumil yang tidak suka susu. “Sudah bawaan dari kecil tidak suka susu, dok”, begitu ujarnya.

  2. Assalamualaikum…
    Bu, istriku konsul kemarin ke al f*uz*n dan didiagnosa anemia *hamil 7 bulan*.
    Disarankan untuk cek darah tepi.
    Sebenarnya apa saja penyebab anemia selain faktor makanan? apakah ada faktor genetis? mengingat beberapa dari saudaranya yg juga kurus kurus. Istriku juga selalu kurus ga bisa gemuk *walopun hamil* dan tekanan darahnya selalu di bawah normal, padahal dia “merasa” asupan gizinya sudah mencukupi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s