Fakta dan Pemikiran tentang ASI (2) Kumpulan QN MP

  • ASI membangun OTAK, sedangkan SUSU FORMULA  membangun OTOT” (Satgas ASI PP IDAI, Republika 31/3/2011) Prihatin….baru 15,3% Ibu yang memberikan ASI EKSKLUSIF!
  • Keberhasilan menyusui adalah keberhasilan ayah. Kegagalan menyusui adalah kegagalan ayah.  Dari 115 ibu yang tahu manfaat ASI, hanya 26.9% yang berhasil menyusui tanpa dukungan ayah.  Namun jika ayah mendukung, keberhasilan meningkat jadi 98,1% ! (Dr. Utami Roesli, Ketua Sentra Laktasi Indonesia dalam Parents Indonesia Juni 2011) Komentar MP : @Mawaddah1985 : ada kayak sertifikat gitu bu dari AIMI utk anak yang lulus ASIX disebutnya S.ASIX
    kalo sampe 12 tahun Master ASI (M.ASI)
    kalo 2tahun apa ya lupa…

    bisa didownlad di sini bu: http://aimi-asi.org/about/sertifikat-asi/
    ada sertifikat buat ayahnya dan keluarga lain juga😀

 

  • 1 – 7 Agustus 2011 adalah pekan ASI sedunia.  Ibu-ibu yang sedang ASI eksklusif….mengalah dulu untuk tidak puasa ya.  Insya Allah ganjarannya akan dilipatgandakan Allah. Komentar MP : @ayudiahrespatih : wah anak saya udah 2 thn lebih sepertinya ga apa2 donk shaum meski masih menyusui:D, @diancambai : inget 3 tahun lalu, sebulan gak puasa..:), @bundaaznin: Aku 2 kali nyusuin ASI eksklusif pas ketemu puasa…
    4 hari kmrn aku ngga puasa krn msh ASIX baby nida (2.5 bln). Hari ini aku coba puasa, mau liat kondisiku&hasil perahan sambil nyusuin.tp klo ngga kuat atau hsl perahan menurun dan encer aku batalin.
    Dokter, klo kita paksain puasa apa pengaruh ke kualitas ASi ya?, @mawaddah1985 : saya dapat info dr milis AIMI bu, bahwa tidak apa2 puasa saat masih ASIX, asalkan saat sahur diperhatikan banget komposisi makanannya,
    diperbanyak lebih baik. lalu di malam hari dari buka sampai sahur diperbanyak asupan air putih (tetep minimal 3 liter per hari)
    InsyaAllah si tidak pengaruh ke kualitas dan kuantitas ASI…
    Dan cukup banyak ibu menyusui ASIX berhasil tetap puasa..

    mohon koreksi… , @saya : pada umumnya kuantitas berkurang. Mungkin ada beberapa ibu yg dianugerahi ASInya berlebihan, jadi stok ASIPnya juga banyak. Allah SWT sudah memberi keringanan, tentu ada hikmahnya. Kalau saya melihatnya, para ibu memaksakan puasa lebih karena ‘malez’ punya kewajiban bayar hutang. Hayooo…ngaku

  • Anak ASI lebih cerdas daripada anak non ASI. Skor IQ anak ASI 3 bulan : 2,1 lebih tinggi daripada non ASI. ASI 4-6 bulan : 2,6 lebih tinggi, dan ASI > 6 bulan: 3,8 lebih tinggi. (penelitian dilakukan pada 468 anak yang dilahirkan dari ibu non perokok selama 7 tahun di Polandia. (22/11/11).  Komentar MP : @nozy99 : alhamdulillah, walau sempet ga begitu deras, alhamdulillah sampai saat ini ASI nya thoriq masih ngocor kaya keran😀
    jzk infonya dok, @diancambai : hihhi, si Billa 2 thn 10 bulan ASI mbak pritta..:) mudah2an ntar adiknya bisa 2 tahun juga.. amin, @myelectricaldiary : dan anak ASI biasanya jauh lebih kebal daya tahan tubuhnya ^^, @wliyand : Semangaaaattt pumping terus nih,.. cadangan di kulkas hampir menipis. alhamdulilah si bani sehari habis 700 cc, tapi yg di pumping dr pagi sd sore max dapet 550 cc. jadi PRnya hari libur mengisi botol2 asip itu. apalagi di cibinong kalo hujan kecil aja mati listrik,.. deg-degan asipku harus segera diselamatkan!!!.. betul bu,..harusnya punya termos es skrg cuma punya ice bag (cuma cukup 6 botol 100 mili saja) yg biasa dibawa ke kantor.@ratusitimariam : Semangat!!! *baru kehilangan 19 botol asip beku karena kelalaian sendiri*sy klupaan set balik suhu kulkas stlh defrost, baru ketauan stlh pulang kerja krna yang di rumah juga gak ngeh.., @amaliacelebi : ingat awal perjuangan memulai asi, sampe berdarah2x krn luka iritasi *mungkin jg salah caranya* sampe akhirnya anak saya skrg sdh berumur 36blnpun msh berjuang utk menyapihnya ;D Masha Allah ASI memang luar biasa ya dok, slain ke perkembangan otak, jg ke daya tahan tubuh sekaligus obat ketika virus menyerangnya….Alhamdulillah seminimal mungkin menghindari pemberian obat2xan selagi terkena flu, home treatment dan ASI andalannya *selain DOA pastinya :D*
  • SATU LAGI! Hikmah dan keuntungan ASI Eksklusif :  sebagai metode kontrasepsi (Metode Amenore Laktasi) yang cukup efektif asalkan memenuhi syarat yang cukup ketat : memberikan ASI eksklusif, ibu belum haid (kembali), anak belum berusia 6 bulan.  (posting dalam rangka hari kontrasepsi dunia, 26 September)Komentar MP: @rhedina : Oohhh…belum haid kembali ya Dok..he..he.. dulu ndak tau..eaalaaaahhh…kebobolaaan…:D, @Azitafebriani : Kira2 kalau untuk ibu yang udah ga menyusui lagi, metode kontrasepsi apa yang paling sedikit efek sampingnya ya dok?

4 thoughts on “Fakta dan Pemikiran tentang ASI (2) Kumpulan QN MP

  1. kalau ngomongin ASI saya sedih,,,, saya sudah bercita-cita ASI eksklusif untuk anak saya, begitu bayi lahir, ASI belum lancar. saya sudah berbagai cara dan makan berbagai sayur dan makanan pelancar ASI seperti daun katuk dll tapi ASI tetep dikit. sedih sekali…. jadi sekarang saya tetep berikan ASI yang sedikit itu plus sufor. iri dengan ibu-ibu yang bisa memberikan ASI eksklusif. ada saran mungkin dari dokter? terima kasih…

    • Jangan sedih lagi😥 Yang lalu biarlah berlalu :-)) Bertekad saja buat si adik nanti. Insya Allah bisa ASIX. Memang di hari pertama-kedua, pada sebagian ibu ASInya masih sedikit. Tapi bayi masih bisa tanpa ASI sampai 3 x 24 jam. Tetap disusukan saja. Dan tetap tanpa sufor. Insya Allah ASI akan segera keluar. Kalau nanti sudah hamil lagi, bisa diinfokan ke dokternya, bahwa ASInya lambat keluar. Sehingga beliau sudah bisa kasih laktagogum (obat oerangsang ASI) semenjak hamil. Demikian juga, obat2 untuk melancarkan ASI pun tersedia dalam berbagai lini. Yang penting tekad kuat untuk ASIX. Ada pengalaman dari seorang MPer, tapi sayangnya link ke MP lagi error malam ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s