Percikan Keindahan Islam (3)

  • Pengaruh luar biasa dari mendengarkan Al Qur’an (penelitian Ir. Abdeldaem al Kaheel) : 1) Peningkatan kekebalan tubuh, 2) Peningkatan kapasitas untuk berinovasi, 3) Peningkatan kemampuan untuk fokus, 4) Perubahan signifikan dalam perilaku, 5) Kondisi jiwa yang lebih stabil, 6) Mampu mengontrol emosi, marah, dan tidak ceroboh, 7) Mampu membuat keputusan yang baik, 8) Menghilangkan rasa khawatir, ragu, dan cemas, 8) Kepribadian menjadi kuat, 9) Menyembuhkan penyakit yang umum diderita, seperti alergi, pilek, sakit kepala, 10) Meningkatkan kemampuan dan kecepatan berbicara, 11) Mencegah penyakit ganas, seperti kanker, 12) Mengubah kebiasaan buruk, 13) Menghantikan kebiasaan merokok. (dikutip dari Tarbawi 234/12)
  • Berapakah batasan usia yang disebut ‘pemuda’? Menurut UU Kepemudaan tahun 2010 adalah mereka yang berusia 16 sampai 30 tahun. Inilah sosok pemuda ideal menurut Al Qur’an yg ditulis oleh Hilman Hakiem di kolom Hikmah Republika 281010 : 1)Memiliki keberanian dalam menyatakan kebenaran dan siap menanggung risiko dlm mempertahankan keyakinannya (QS 21:56-70), 2) Memiliki rasa ingin tahu yg tinggi sehingga tidak pernah berhenti belajar (QS 2:260), 3) Berupaya utk berkelompok dlm bingkai akidah yg lurus (QS. 18: 13-25), 4) Menjaga akhlaq dan kepribadian yg lurus (QS  12:22.24, 6) Memiliki etos kerja tinggi sebagaimana dicontohkan oleh Muhammad SAW
  • Orang yang memiliki 5 hal di bawah ini akan bahagia dunia dan akhirat : PERTAMA, orang yang memperbanyak ucapan “Laa ilaha illallah Muhammadurrasulullah”, KEDUA, orang yang ketika ditimpa musibah mengucapkan “Innalillahi wa innailaihi roji’uun.  Wa laa haula wa laa quwwata illa billahi’aliyyil adzim”.  KETIGA, ketika mendapat nikmat mengucapkan “Alhamdulillahi robbil ‘alamiin”, KEEMPAT,  ketika akan melakukan sesuatu selalu mengucapkan “Bismillahirrohmaanirrohiim”, KELIMA, ketika melakukan kekhilafan dia mengucapkan “Astaghfirullahal’azhiim wa atubu ilaih” (‘Abdullan bin ‘Amr bin ‘Ash)
  • “Tentu saja menjadi kaya membuat kita harus bertanggung jawab atas kekayaan itu.  Dan bahwa harta kita kelak akan diminta pertanggungjawaban.  Tetapi mereka yang kaya, juga bisa melipatgandakan amal dan mencari lebih banyak peluang pahala dengan hartanya.  Maka, hidup selalu adil, ada risiko, ada pula peluang”. (Dirosat Tarbawi 246/12 dengan kajian utama : Berguru pada Ulama-Ulama Kaya)
  • 4 JENIS LAUTAN.  PERTAMA, lautan dosa.  Yaitu kecenderungan nafsu kepada keinginan yang tidak sesuai syara’.  KEDUA, lautan syahwat.  Yaitu dorongan untuk mencari kenikmatan jasmaniah.  KETIGA, lautan umur.  Yaitu kematian.  KEEMPAT, lautan penyesalan. Yaitu di alam kubur.  (Umar bin Khattab ra.  Dikutip dari Tarbawi 245/XII)
  • Kita tidak bisa memilih untuk menjadi laki-laki atau perempuan, misalnya.  Tapi begitu kita diberikan takdir sebagai laki-laki atau perempuan, justru dengan itu kita bisa memilih peran-peran besar yang salah satu tidak bisa menggantikan yang lain.  Ada banyak pekerjaan laki-laki yang tidak bisa dikerjakan perempuan dan ada banyak pekerjaan perempuan yang tidak bisa dikerjakan laki-laki. Apa yang kita tidak bisa memilih, justru menjadi modal dasar kita untuk memilih. (tarbawi 244, januari 2010)
  • 5 Tanda Orang Bijak : 1) Hatinya selalu memiliki niat yang suci, 2) Lidahnya selalu basah dengan dzikrullah, 3) Matanya selalu menangis karena penyesalan terhadap dosa-dosanya, 4) Segala peramasalahan dihadapi dengan sabar dan tabah, 5) Selalu mengutamakan kehidupan akhirat daripada kehidupan di dunia.,  (Utsman bin Affan ra.) dari tarbawi 234/XII

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s