Percikan Keindahan Islam (1)

  • Katakan “TIDAK” untuk kedzaliman dan dusta.  Katakan “TIDAK” untuk kemalasan.  Katakan “TIDAK” untuk kebodohan.  Katakan “TIDAK” untuk sifat pengekor.  Itulah prinsip seorang muslim yang setiap hari mengucapkan :”TIDAK” ada tuhan kecuali ALLAH.     (DR. Aidh Abdullah al Qarni dalam Tarbawi 207/2010)
  • Renungan akhir pekan : “Barang siapa yang tidak menemukan kasih sayang Allah SWT saat bersama manusia atau di waktu sendirian, maka ia bagaikan mayat yang terbuang”  Ibn Qayyim al Jauziyyah
  • Kupetik semangat dari Puisi karya Iqbal berikut ini:Kalau ada seribu orang yang berjuang menegakkan Kalimatullah,
    maka salah satunya adalah aku.Kalau ada seratus orang yang berjuang menegakkan Kalimatullah,
    maka aku masih menjadi bagian di dalamnya.

    Kalau tinggal sepuluh orang yang berjuang menegakkan Kalimatullah,
    maka pasti aku masih berada di dalamnya.

    Dan kalau hanya satu orang yang berjuang menegakkan Kalimatullah,
    maka sadarlah bahwa itu adalah aku.

    (puisi dikutip dari tulisan Eman Mulyatman dalam Sabili18/XVII)

  • Allah memuliakan orang yang menjaga sholat fardhunya dengan 9 Keutamaan, pertama, dia dicintai Allah.  Kedua, badannya selalu sehat.  Ketiga, keberadaannya selalu dijaga malaikat.  Keempat, rumahnya diberkahi.  Kelima, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih.  Keenam, hatinya dilunakkan oleh Allah.  Ketujuh, dia akan menyeberang jembatan shirath seperti kilat.  Kedelapan, dia akan diselamatkan Allah dari api meraka.  Kesembilan, Allah akan menempatkannya di syurga bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut dan tidak pula bersedih hati.  (Utsman bin Affan ra) dikutip dari Tarbawi 228/11
  • “Jadi, burung itu besar sekali dibandingkan semut.  namun kecil sekali apabila dibandingkan gajah”, demikian kata Syekh Ali Thantawi.  Kemudian beliau melanjutkan :” Aku, sangat kaya sekali jika dibandingkan dengan seorang janda miskin yang tak mempunyai harta dan org yg menafkahinya, namun aku juga jadi miskin sekali kalau dibandingkan dgn si Fulan dan Fulan yg memiliki harta berlimpah. Aku ingin mengatakan bahwa kita semua bisa mendapatkan orang yang lebih miskin daripada diri kita sehingga kita bisa meyerahhkan apa yang kita punyai utk membantunya (Tarbawi221/11) .
  • “Hati ini adakalanya menerima dan adakalanya menolak.  Lakukanlah ibadah-ibadah sunnah ketika hati menerima.  Dan bila dalam keadaan menolak, cukup ikatkan ia dengan yang wajib”, kata Umar bin Khattab RA (Tarbawi 258/XIII)
  • Tentang KEBIASAAN : #”Kebaikan itu adalah kebiasaan, dan keburukan itu adalah paksaan” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban). #”Sebaik-baik amal bagi Allah adalah yang selalu dilakukan, meskipun sedikit” (HR. Muslim). #”Seseorang itu akan terpenjara oleh kebiasaannya sendiri” (Pepatah Arab)
  • [Ramadhan] Tenang dalam diamnya, tetapi lebih jelas dari orang yang berbicara. Bila diamnya terlalu lama tergugahlah ia oleh keharusannya untuk bergerak.
    (Akhmad Mukhtar al Wazi, tentang jiwa yang bersih dan beriman)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s