[Ramadhan] Haru Biru Umroh Hadiah dari Sinetron

Sebulan lalu…..sebuah pesan pendek masuk, isinya mohon doa restu karena akan berangkat umroh keesokan harinya.  Pengirimnya adalah kemenakan saya, laki-laki, mahasiswa semester 2. Sepintas tak ada yang luar biasa tentang sebuah keberangkatan umroh.  Tapi kalau mengingat kisahnya saya jadi jatuh haru.

Kisahnya berawal dari Ramadhan tahun lalu.  Ada sinetron yang ditayangkan khusus untuk Ramadhan saja, dan sekarang sudah mencapai jilid 6. Judulnya tentu sudah bisa ditebak.  Saya juga tidak terlalu ‘anti’ dengan sinetron satu ini, sehingga saat anak-anak menjadikannya tontonan pengantar sahur, saya pun membiarkannya.  Kisahnya masih memuat hikmah, meski semakin tahun semakin banyak saja iklan terselubungnya.  Untuk tidak berpanjang sangka, saya sebut saja judul sinetron besutan aktor senior Dedy Mizwar itu, PPT.


Nah, kemenakan saya itu Ramadhan tahun kemarin memenangkan sebuah kuis berhadiah umroh dari sinetron tersebut!  Setengah tak percaya tapi juga gembira. Kami pun turut berbahagia mendengarnya.  Dan saat ia menghadiahkan umroh tersebut untuk ibundanya, kami lebih bahagia.  Ibunda dia adalah kakak ipar saya.  Mengira akan berangkat dalam waktu dekat, saya bahkan telah menyiap-nyiapkan barang-barang yang kiranya diperlukan untuk bekal umroh … *sokrepot.com*

Bulan demi bulan berjalan tanpa kabar, sampai di awal 2012 atau akhir 2011, pihak penyelenggara mengontak kakak ipar saya.  Memberitahukan bahwa keberangkatan Insya Allah di bulan Mei atau Juni 2012.  Kakak pun bersiap-siap di tengah-tengah penyakit beratnya yang ternyata kambuh.

Namun Allah SWT ternyata menghendaki lain. DIA menghendaki kakak menghadap langsung, tanpa melalui RumahNya.  Ya, kakak wafat pada akhir Januari 2012.  Innalillahi wa innailaihi rooji’uun.

Akhirnya hadiah umroh kembali ke tangan kemenakan saya.  Pihak penyelenggara umroh menepati janjinya, memberangkatkan umroh selama 9 hari dengan gratis, termasuk hotelnya tentu.  Kemenakan saya hanya perlu mengurus paspor, yang ia peroleh lewat online,  4 hari selesai.  Kami – keluarga besar – memberi pesangon kepadanya disertai titipan pesan agar tak lupa mendoakan ibunya di tanah suci. 

Terharu……
Dan kini saat menonton PPT, saya jadi teringat kisah umroh yang mengharu biru tersebut.  (nin)

semoga cita-cita untuk menjenguk tanah suci lewat umroh dikabulkan Allah SWT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s