Mulai Sekarang, Jagalah Kesehatan (sendi) Lutut Kita

Pernah dengar kan, keluhan wanita yang sudah menginjak usia separuh baya? Mungkin ibu, budhe, nenek atau ibu tetangga sebelah? Mereka sering mengeluh tentang lututnya. Dari yang lutunya nyeri, ngilu, kaku, bahkan sampai membengkak. Dari yang nyerinya hanya saat jalan, saat naik tangga, bahkan yang sampai kesulitan melakukan gerakan sholat. Sehingga mereka mengerjakan sholat sambil duduk di kursi.  Sendi lutut adalah satu bagian dari tubuh kita yang menanggung beban berat. Beban tersebut adalah bobot tubuh orang yang bersangkutan.  Dan beban akan meningkat manakala ia melakukan gerakan-gerakan tertentu.  Misalnya, berjalan, naik tangga, atau turun tangga.  Dari ketiga jenis gerakan tersebut, turun tanggalah yang membuat peningkatan terbesar.
Berbagai macam pengobatan yang dijalankan, tetapi jarang yang langsung mendapatkan diagnosa yang tepat. Penyakit itulah yang dinamakan Osteoarthritis (OA), yang bahasa awamnya adalah ‘pengapuran’.
APAKAH OSTEO ARTHRITIS (OA) ITU?

OA terjadi apabila cairan sendi (cairan synovial) berkurang, kehilangan elastisitas dan kekentalannya. Padahal, cairan yang mirip oli itu berfungsi untuk melumasi dan menjadi ‘peredam kejut’ sendi. Akibatnya, rawan sendi menjadi aus dan tipis yang ditandai dengan timbulnya pengapuran (osteofit).
Akibatnya, seperti yang sudah diutarakan di atas, timbul gejala-gejala yang kalau tidak segera diatasi akan makin memberat.

PRINSIP PENGOBATAN OA adalah :
1. Meringankan kerja sendi (misalnya, bila kelebihan berat badan maka sebaiknya diturunkan)
2. Menguatkan otot sendi (dengan senam dan olahraga lain yang tidak membebani lutut)
3. Fisioterapi
4. Dengan obat-obatan (penghilang nyeri, pelumas buatan berupa sodium hyaluronate, dll)
5. Operasi penggantian sendi

BAGAIMANA MENCEGAH OA?
Nah, ini yang penting diperhatikan dan dikerjakan sejak muda, yaitu:

1. Jagalah berat badan sehingga tidak terlalu gemuk. Patokannya dengan IMT (indeks massa tubuh)
2. Melatih otot sekeliling lutut dengan olahraga yang tidak membebani lutut. Misalnya : berenang.
3. Tidak berlebihan saat berolahraga
4. Saat BAB, menggunakan kloset duduk
5. Tidak mengangkat beban berat
6. Menjaga lutut tetap hangat (dengan knee decker, misalnya)
7. Berendam air hangat
8. Jangan berjalan terlalu lama
9. Hindari duduk dengan berbantalkan lutut (jangan berlutut…kata lainnya)
10. Gunakan sepatu bertumit rendah dengan sol karet (kabar gembira buat yang tidak suka ‘high heels’
11. Saat ada keluhan segera berobat ke dokter (bisa ke dokter umum dulu atau langsung ke dokter spesialis Orthopaedi – Bedah Tulang)

Nah, meskipun masih belum mencapai usia setengah baya…tidak ada salahnya mulai menerapkan gaya hidup sehat untuk lutut tercinta.
Kalau ada jingle iklan :”motor juga manusia…”  maka gantilah dengan  “lutut juga manusia….”🙂

bahan dari Meiji. (ilmu curian dari Ortopedi)

18 thoughts on “Mulai Sekarang, Jagalah Kesehatan (sendi) Lutut Kita

  1. ibu saya saat ini terserang penyakit ini. tiap malam ia selalu merasakan nyeri…. seharusnya penderita OSTEO ARTHRITIS ini tidak dianjurkan bekerja terlau berat ya dok? misal memasak di dapur… sebab sudah dilarang memasak tetap aja, ibu pengen ke dapur buat masak…

      • udah 60 tahun lebih dok… dalam dua tahun ini memang sudah kontrol ke dokter spesialis orthopedi.. cuma sakitnya kambuh2an gitu.. setelah sembuh, enam bulan kemudian kambuh lagi… kata dokter disuntik oli nyerinya gak hilang permanen.. begitu ya dok?

      • “suntik oli” yang betul, sebanyak lima kali suntikan sepekan sekali. Harga suntikan cukup lumayyyan. Memang hilang nyerinya tidak permanen, suatu saat (bertahun-tahun lagi), bisa muncul lagi. Tinggal suntik lagi saja…. Belikan kursi kecil buat beliau sholat.

  2. Saya juga suka sakit lutut; tapi lebih parah sakit tulang belakang kalau sudah berdiri atau berjalan lama..masyaAllah sakitnya kalau dibawa duduk..iiiihh jadi malu, emak2 yg sepuh saja ngga kaya saya hehehe
    Sakit lutut itu penyakit turunan bukan sih mbak? soalnya dari keluarga bapak, ko lututnya pada bermasalah?😀

  3. katanya kloset jongkok lebıh bagus jg dok? dıbandıng yg duduk*saya pernah bc artıkel apa gıtu..oh ya kayak mınuman bersoda jg ngaruh ya bu..bıbı saya dı dıagnosa dokternya salahsatu penyebab cepatya belıau osteorporosıs jg krn konsumsı cccola yg berlebıhan-.- dıa dulu hampır tıap harı mınum.. nah sı mak mertua juga nı dıturkı..kata dokter sını solusınya tggl operası..cm belıau takut2an mulu..denger kata operası.. dıbujuk2 sama keluarga tetep ga mau… jadı serıng ngeluh mulu..dıkasıh obat penghılang rasa sakıt efeknya ga lama.

  4. Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat…
    Menjaga kesehatan sendi memang sangat penting, terutama mereka yang sudah berusia lanjut yang sering mengalami masalah dengan persendian dan tulang. Menjaga kesehatan sendi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi dan berolahraga yang tepat. Selain itu kesehatan persendian juga dapat dijaga dengan mengkonsumsi suplemen yang dapat membantu menjaga kesehatan dan elastisitas persendian kita🙂

    • Mohon maaf atas keterlambatan jawaban saya. Pada umumnya penderita Osteoarthritis dilarang melakukan aktivitas yang membebani lutut, misalnya melakukan latihan high impact, termasuk naik turun tangga. Namun demikian mengingat usia yang masih muda sebaiknya berobat sampai tuntas. Berkonsultasilah ke dokter spesialis orthopaedi (bedah tulang) terdekat. Kalau mbak ada di Jakarta Timur/DKI bisa ke http://www.jih.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s