Kalau Stress,Jangan Makan Manis

Hampir semua orang pernah merasakan stress. Ada yang pekerjaannya memang menimbulkan stress *ngacung duluan*, tapi ada juga orang yang malah membutuhkan stress supaya pekerjaan bisa selesai.
Apa yang kita lakukan saat mengalami stress? Beberapa orang akan menjawab: “Makan!”
Lebih spesifik lagi, “Makan manis”, atau “Makan coklat!”
Kalau coklat, memang betul mempunyai sifat anti stress dan antioksidan, Tapi dengan catatan, jenisnya adalah ‘sweetless dark chocolate’.
Kalau gula bagaimana? Sebagai sesama penggemar manis, berikut saya copaskan artikel dari milis sebelah. (terpaksa copas dulu karena mau nulis sendiri belum sempat)

KONSUMSILAH GULA DENGAN BIJAK

Gula pasir, gula batu & gula merah mempunyai dampak bagi tubuh, khususnya pankreas.

GULA PASIR*
Utk mengubah gula pasir menjadi gula darah, tubuh perlu 3 menit. Tapi untuk mengubah gula darah menjadi energi yang dapat disimpan dalam otot, pankreas memerlukan kira2 140 menit. Mengapa?

Proses pembuatannya, gula pasir dipanaskan s/d 400 derajat Celcius.
Semakin tinggi proses pemanasan, makanan akan semakin sulit dicerna.
Dlm sehari, pankreas yg normal hanya mampu mengubah 5 gram (½ sendok) gula pasir menjadi energi. Bagaimana jika kita mengonsumsi lebih dari ½ sendok gula pasir?

Sisa gula pasir yang tidak bisa diproses oleh pankreas akan tertimbun dalam tubuh menjadi gula darah & lemak. Lama kelamaan tubuh kita akan terkena penyakit diabetes.

GULA BATU*
Bentuk spt batu (bening/putih, mirip es batu). Proses pembuatan hampir sama dengan gula pasir, tapi suhu untuk memrosesnya tak setinggi gula pasir. Dalam sehari, pankreas yang normal mampu mengubah 60 gram (sekitar 6 sendok makan) gula batu menjadi energi.
Gula batu tergolong lebih sehat daripada gula pasir.

Yang kita bahas adalah gula batu asli.
Sebab skr banyak beredar gula batu yang dibuat dari peleburan gula pasir. Gula batu yang seperti ini sama berbahayanya dengan gula pasir.

Sungguh disayangkan memang sangat sulit membedakan gula batu asli dan yang palsu.

GULA MERAH* (GULA JAWA)
Dibuat dari bunga pohon kelapa/ aren (coklat kemerahan),
biasanya lebih sering digunakan utk bumbu dapur. Dalam satu hari, pankreas yg normal mampu mengubah 90 gram (sekitar 9 sendok makan) gula merah menjadi energi. Jika dibandingkan, gula merah adalah gula yang paling sehat di antara gula pasir dan gula batu.

Agar pankreas tak kelelahan, kita mengurangi konsumsi gula merah, gula batu, terlebih lagi gula pasir.
Pankreas mempunyai batas kemampuan utk mengubah gula menjadi energi, jika pankreas sdh tak mampu melakukan tugasnya, tubuh bisa terkena penyakit diabetes.

Sekali lagi….KONSUMSILAH GULA DENGAN BIJAK

Gambar : madu sebagai alternatif pemanis yang lebih aman

2 thoughts on “Kalau Stress,Jangan Makan Manis

  1. alhamdulillah saya mungkin termasuk yang paling sedikit mengkonsumsii gula pasir, karena sehari2 kalau masak yang dipakai adalah gula merah atau raw sugar kata orang disini.
    Makasih mbak Prita infonya, ternyata dibalik prosesnya yang paling rendah tingkat suhu pemanasan juga effect rasa lebih enak mempergunakan gula jawa dibanding gula pasir..
    Dan untuk saya yang tinggal diluar Indonesia, gula jawa/merah merupakan pilihan terbaik karena Insya Allah lebih terjamin kehalalannya dibanding gula pasir……wallahuallam

    • raw sugar, kalau di Indonesia (kuliner) istilahnya Gula Palem. Biasa dipakai untuk bikin kue/cake berempah. Dijualnya dalam kemasan 250 gram saja, mbak. Sekarang pun saya mengurangi manis – padahal aslinya penggemar manis. Jus buah sudah tanpa gula, atau kalau di resto, minta gula terpisah. Teh, tinggal seperempat takaran gula biasanya. Sirop/soft drink? No way!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s