(FF) Berbakti

Terimalah, bu.  Hanya ini yang bisa Fatimah berikan”.

Ibu tak kuasa menahan haru.  Sambil terisak, didekapnya buku kecil itu. Buku tabungan haji  dari sebuah bank syariah.  Isinya  sesuai ONH yang disyaratkan pemerintah.

Lama ia mengubur mimpinya untuk menunaikan rukun Islam ke lima.  Setelah kematian suaminya 5 tahun yang lalu hidupnya jadi hampa.  Anaknya yang  6 orang,  semuanya tinggal di luar kota.  Bahkan si bungsu , Fatimah, tinggal di Hongkong sebagai pekerja migran.  Cita-cita berangkat ke tanah suci  kandas setelah suaminya didiagnosa kanker tulang.  Tabungan haji terpaksa direlakan untuk biaya berobat yang tinggi di awang-awang.  Toh, akhirnya suaminya berpulang. …….


Dua Puluh Empat tahun yang lalu…………………..

Sendirian ia berada di ruang praktek dokter kandungan yang dingin itu.  Wajahnya sembab berbekas air mata.  Di hadapannya tergeletak sebuah  test kehamilan.  Hasilnya positif.   Ingin ia melempar kotak kecil itu ke bak sampah.  Hatinya masygul!

Dokter itu menolak keinginannya.  Ia cuma minta kehamilan ini diakhiri.  Tahu apa dokter  dengan kerepotan dan segala beban rumah tangganya.  Anaknya sudah lima!  Dan sekarang ada janin bersemayam di rahimnya.    Disesalinya dirinya yang abai dengan tanggal  haid yang terlewat. 

Menurut dokter, kandungannya saat ini sudah 10 pekan. Wow…tampak janin kecil bergerak lincah di layar USG.  Benarkah kata-kata dokter itu bisa dipercaya?
“Bersabarlah, bu.  Siapa tahu anak inilah yang akan memberangkatkan ibu ke tanah suci”.

Itulah kata-kata dokter yang ia anggap mimpi di siang bolong. Dan ia pun langsung berbalik, meninggalkan sang dokter tanpa mengucap salam. ……………………………………………………

Janin kecil yang bergerak lincah tampak di layar USG itu, Fatimahlah orangnya.

FF ini menjadi salah satu peserta lomba FF Ibu dan Anak yang diselenggarakan oleh Ummu Aisyah di

http://kedaimoslem.multiply.com/reviews/item/62

Alhamdulillah, dinyatakan masuk 10 besar.Inspirasi dari kasus-kasus yang acap kali ditemui yakni seorang ibu yang dengan berbagai alasan merasa berat untuk hamil lagi dan berkeinginan menggugurkan kandungannya.  Ada yang akhirnya berhasil melaksanakan niatnya….entah dimana dan bagaimana caranya.  Namun, yang urung mengerjakannya lebih banyak lagi dan akhirnya melahirkan anak yang sehat dan semoga …sholeh dan sholihah.

Gambar dari http://www.republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s