Melangkah ke Gaza (5) Pendidikan untuk Warga Gaza

Setelah ambulans, alat kesehatan dan obat-obatan kami serahkan langsung ke rumah sakit Al Shifa di Gaza pada 1,5 tahun yang lalu (Januari 2009),  program Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) selanjutnya adalah memberikan beasiswa bagi  dokter asal Gaza untuk memperdalam ilmunya di Indonesia (pendidikan spesialisasi).

Alhamdulillah, pada kunjungan ke Gaza yang berikutnya pada Juli 2010, sembari menyerahkan bantuan berupa alat-alat medis dan alat peraga ke Al Shifa Hospital dan Islamic University of Gaza, kami sekalian menjemput dokter yang telah dipilih oleh Kemenkes Gaza untuk melanjutkan pandidikan ke Indonesia.

Saat ini, dua orang dokter tengah menempuh penddikan spesialis, yaitu dr. Ameen di UI (spesialis neurologi), dan dr. Moin di UGM (spesialis anestesi).  Mereka tidak begitu saja berkuliah, melainkan sebelumnya menjalani kursus bahasa Indonesia selama 6 bulan, kemudian adaptasi sebagai dokter umum selama 6 bulan juga. Setelah lulus  UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia), barulah pendidikan spesialis yang sebetulnya dimulai.  Pendidikan selama 5-6 tahun tentu membutuhkan biaya yang sangat besar, namun BSMI tetap berkomitmen untuk ini, karena dengan ilmu yang dipunyai, para dokter tersebut dapat lebih besar lagi dalam memberikan pertolongan.  Bukankah pendidikan adalah investasi seumur hidup?

Bukan hanya itu.  Warga Gaza yang berkuliah di Indonesia atas beasiswa BSMI sudah bertambah lagi dengan kedatangan Muhammad dan Abdurrahman.  Mereka berdua lulusan High School Gaza dan saat ini sudah masuk semester 1 di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri di Ciputat.

Alhamdulillah, program beasiswa ini ternyata diapresiasi oleh pemerintah.  Kemendiknas berkomitmen untuk membantu biaya pendidikan bagi keempat mahasiswa tersebut.  Sehingga yang harus ditanggung oleh BSMI adalah uang saku, biaya hidup sehari-hari, tunjangan keluarga, dan tunjangan anak.  Itu karena, kedua kandidat dokter spesialis itu saat ini tinggal bersama istri dan keempat anak mereka.

Ingin ikut berpartisipasi sebagai bentuk kasih sayang kita kepada bangsa yang terjajah? Donasi dapat disalurkan melalui :
– BCA 165 3010 200
– Bank Syariah Mandiri 001 010 2555
– Bank Muamalat Indonesia 304 003 0415
– BRI 020 6010 290 18057
– BNI 016 226 3760
– Bank Mandiri 07 0000 5657726
Semua rekening atas nama Bulan Sabit Merah Indonesia

Info lebih lanjut bisa dilihat diwebsite BSMI : www.bsmipusat.net
atau ke 02180876527 atau email :
bulansabitmerahindonesia@gmail.com

 

Keterangan foto :

1. Penyerahan bantuan dari BSMI ke RS Al Shifa, Gaza, pada Januari 2009

2. Konferensi Pers pada saat  kedatangan dokter Palestina bersama tim BSMI pada Juli 2010, di bandara SOETA

3. Abdurrahman (t shirt biru) dan Muhammad (kotak2), mahasiswa FK UIN, penerima beasiswa BSMI

4. Dokter Ameen dan istrinya menjadi cover majalah UMMI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s