Keduanya Berusia Muda

FRAGMEN 1
Seorang pelajar putri kelas 1 SMA usia 15 tahun datang diantarkan bibinya. Ceritanya, si nona dilaporkan oleh orangtua temannya karena kepergok berhubungan badan dengan pacarnya di rumah temannya. Mulanya keduanya menyangkal walau akhirnya si nona mengaku.
Bibi : “Kami mau menuntut, dok!”
Dokter : “Menuntut apa, bu?” “Menuntut pembayaran?”.
Bibi : “Ya, tidak, dok!”
Dokter :”Atau menuntut supaya si laki-laki menikahi anak ini?”
Bibi :”Ih, amit-amit, dok. Dia kan preman. Ada anting di bibirnya! Kami cuma mau tahu anak ini masih perawan atau tidak!”
Dokter :”Dengan perbuatannya itu, apakah dia masih bisa dibilang perawan?” Bibi :”Yaah, enggak juga, ya”.
Dokter : “Iya. Apakah selaput daranya masih utuh atau sudah robek, itu hanya merupakan pertanda fisik. Keperawanan letaknya di sini (menunjuk dada, maksudnya….hati).
Dokter ke si nona: “Yang terpenting, mulai saat ini istighfar dan bertaubat. Mohon maaf kepada kedua orang tuamu. Tinggalkanlah pacarmu. Belajarlah dengan baik, karena masa depanmu masih panjang. Jadikan peristiwa ini pengalaman berharga, meskipun pahit dan rugi …!” (lho…jadinya ceramah)FRAGMEN 2
Seorang nyonya muda berusia 16 tahun, datang diantarkan suaminya untuk memeriksakan kehamilannya. Sudah 23 pekan usia si janin. Kondisinya sehat-sehat saja, tak ada yang aneh. Tapi sempat saya bertanya kepada calon ibu muda tersebut, sekolahnya sampai dimana? Dan seperti yang sudah saya duga, ia hanya lulus SMP. Selain memberikan nasihat-nasihat berkaitan dengan kehamilannya, saya titipkan juga sebuah pesan supaya ia meneruskan sekolahnya. Minimal mengikuti kejar paket C. Beberapa orang calon ibu yang sangat muda ini sebenarnya karakteristiknya sama, yaitu mereka mempunyai kematangan fisik (bentuk badan dan proporsi) yang melebihi usia biologisnya. Mereka disebut : primi muda, dan kehamilannya termasuk dalam kehamilan risiko tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s