Tentang Keputihan (1) Normal Saja….

Kalau ada penyakit wanita yang paling banyak jadi pembicaraan, mungkin itulah keputihan. Maklumlah, diperkirakan lebih dari 80% wanita di dunia ini pernah mengalaminya. Dan itu terbukti dengan adanya istilah keputihan yang ada di setiap bahasa. Misalnya : darah putih, pek tay, fluor albus, dll (silakan kalau ada yang mau menambahkan dengan bahasa setempat ).
Karena saking memasyarakatnya, keputihan akhirnya juga dibumbui dengan berbagai salah kaprah dan mitos yang mengakibatkan mereka yang mengalaminya tidak mampu berpikir obyektif. Hal-hal yang dimitoskan umumnya adalah berbagai penyebab keputihan, misalnya: makan mentimun diyakini bisa menimbulkan keputihan. Atau, keputihan bisa membuat mandul dan kanker. Lalu muncullah berbagai jenis terapi yang digembargemborkan bisa menyembuhkan keputihan. Terapi ini bermacam-macam bentuknya, dari sediaan yang harus diminum sampai kayu yang dimasukkan ke dalam rongga vagina! Karenanya, penting bagi setiap wanita untuk mendapatkan pengertian yang jelas tentang keputihan serta bagaimana menyikapinya dengan benar.
Apakah Keputihan Itu?
keputihan adalah keluarnya cairan yang bukan darah secara berlebihan dari kemaluan wanita. Mengapa harus berlebihan untuk bisa disebut keputihan? Karena, dalam kondisi normal daerah genitalia wanita memang selalu dalam keadaan lembab. Namun kelembaban ini bisa berfluktuasi : lembab sekali, lembab biasa dan lembab sedikit, begitulah secara mudahnya. Fluktuasi kelembaban ini berlangsung secara siklik, tergantung dari kondisi hormon pada siklus haid. Kondisi “lembab sekali” terkadang dirasakan mengganggu akibat sensasi basah yang ditimbulkannya.
Darimana asal cairan tersebut? Dalam kondisi normal di bawah pengaruh hormon estrogen maka dihasilkan sejumlah cairan kental oleh kelenjar-kelenjar yang terdapat di dalam saluran vagina. Cairan ini berproses dengan bakteri ‘baik’ yang berada dalam vagina menghasilkan zat asam laktat. Bakteri baik tersebut adalah bakteri Doderlein. Asam laktat yang dihasilkannya membuat suasana vagina menjadi asam (pH rendah, sekitar 3-4) sehingga menghambat pertumbuhan kuman yang lain. Jelas bahwa fungsi cairan yang kita anggap mengganggu tersebut adalah melembabkan dan sekaligus membersihkan.
Keputihan Normal
Kalau banyak sedikitnya cairan di vagina tergantung dari siklus haid, maka berarti ada kondisi ‘keputihan’ yang sebenarnya normal. “Keputihan normal” ini perlu dikenali agar anda yang mengalaminya tidak perlu panik dan bertindak berlebihan. Berikut ini adalah sifat-sifat dari keputihan yang normal : cairannya berwarna putih atau jernih, tidak berbau, tidak berbuih, tidak berasa pedih, gatal, maupun panas.
Kapan keputihan normal atau fisiologis timbul?
Anda bisa mengalaminya di saat-saat sebagai berikut : menjelang haid, di masa subur, di saat hamil, dan saat mengalami rangsang seksual. Selain itu peningkatan jumlah cairan juga terjadi pada pengguna alat kontrasepsi AKDR. Bahkan, kelelahan fisik dan stress psikis ternyata bisa juga jadi biang keladi keluarnya cairan yang berlebihan.
Meskipun normal, kita tetap harus waspada karena kondisi lembab yang berlebihan dapat merangsang tumbuhnya jamur dan bakteri yang lain.
Apa yang harus dilakukan ?

  • Pertama, jagalah agar area genitalia dan sekitarnya tetap kering. Selain kering juga harus bersih. Alat pembersih yang terbaik adalah air. Apabila ragu dengan kualitas air, dapat digunakan air matang.
  • Kedua, selalu menggunakan bahan pakaian (dalam) yang menyerap keringat, yaitu yang terbuat dari katun, serta tidak ketat, dan lagi-lagi …bersih.
  • Ketiga, cara istinja’ adalah dari area depan (genital) ke arah belakang (anus).
  • Keempat, menjaga kesehatan tubuh dengan baik sehingga tercapai daya tahan tubuh yang tinggi.
  • Kelima, memberikan perhatian ekstra terhadap area genitalia pada saat haid, karena di saat itu kondisi keasaman vagina menurun
  • Keenam, melaksanakan sunnah Rasul yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, yakni memendekkan rambut kemaluan setiap 40 hari. Hal ini mencegah akumulasi kuman yang berbahaya disamping memudahkan pembersihan.

(bersambung)

4 thoughts on “Tentang Keputihan (1) Normal Saja….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s