IBU HAMIL, PERLUKAH PAKAI JIMAT?

Saat memeriksa seorang ibu hamil tak jarang saya jumpai sebuah gunting kecil (berkarat lagi…)  menggantung di pakaian dalamnya.  Tak hanya itu, terkadang yang menempel adalah peniti dengan bungkusan kain, atau peniti dengan tancapan bangle.

Gambar

Saat saya tanya untuk apa itu, maka jawabannya macam-macam.  Ada yang karena menuruti anjuran orang tua, tetua, tetangga.  Ada pula yang  dengan yakin mengatakan “agar tak terjadi apa-apa dengan si jabang bayi”.  Golongan yang hanya menurut orang tua terbagi menjadi dua, ada yang percaya sepenuhnya namun ada pula yang ragu-ragu. Percaya gak percaya.

Kepada setiap golongan, selalu saya nasihatkan bahwa apa yang dilakukannya itu adalah hal yang berbahaya? Wah, bahaya apa ya, dok? Wong cuma benda kecil begini kok.

Nah, yang pertama adalah bahaya terluka.  Bayangkan sebuah gunting yang runcing (meskipun terlipat) berkarat itu kalau sampai mengenai kulit.  Atau tiba-tiba jarumnya peniti mencuat lalu menusuk perut!.

Bahaya yang kedua adalah bahaya yang jauh lebih besar, yakni bahaya untuk akidah.  Si ibu jadi merasa tidak aman, tidak ada yang melindungi kalau sampai jimatnya ketinggalan atau kelupaan habis mandi tidak dipakai lagi.  “Lho…lho… kalau memang untuk perlindungan kenapa tidak sekalian bawa M16 saja?” Begitu saya mencandai para ibu itu.  Akibatnya, si pemakai jimat akan melupakan Allah sebagai Sang Mahapelindung.  Alangkah naifnya, menggantikan Allah SWT dengan sebuah gunting karatan atau sebutir bangle!

Pada akhirnya, dengan sopan, saya minta saat itu juga untuk mencopot jimatnya.

Pemakaian  jimat terkadang baru diketahui pada saat persalinan.  Saat memimpin sebuah persalinan yang sulit, padahal dari pemeriksaan semuanya baik-baik dan normal saja, saya lalu evaluasi : apakah si ibu pakai jimat ? Kalau ya, langsung saja saya suruh copot . Biar doa untuk kelancaran persalinan dikabulkan Allah SWT

gambar : koleksi pribadi, hasil sitaan dari para pemakainya

4 thoughts on “IBU HAMIL, PERLUKAH PAKAI JIMAT?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s