IBU HAMIL, BOLEHKAH MINUM ES?

“Apakah saya masih boleh minum es, dok”,  seorang ibu 25 tahun yang baru saja terdiagnosis hamil 12 minggu bertanya saat sesi konsultasi.  Ketika saya menjawab ‘ya’, kontan ia menyikut suaminya. “Tuh, boleh kan!”

Atau yang seperti ini :
” Nah apa ibu bilang.  Kamu jangan minum es terus.  Nih, lihat sekarang bayimu kegedean”, komentar seorang ibu kepada putrinya yang sedang hamil tua.

Gambar
Yang saya herankan pertanyaan tentang boleh tidaknya seorang ibu hamil minum es terus mengemuka semenjak belasan bahkan puluhan tahun yang lalu.  Tidak ada perubahan seiring dengan kemajuan teknologi informasi.  Yang ditakutkan adalah, dengan minum es maka si bayi dalam rahim akan jadi gendut sehingga susah dilahirkan.

Sebenarnya, apakah es (batu) itu?
Bukankah es adalah air yang membeku/dibekukan? Dan air adalah minuman yang sama sekali tidak mengandung kalori, alias tidak menyebabkan gemuk.  Kalaupun kita berlebihan minum air es misalnya, maka yang terjadi adalah perut terasa penuh dan kembung.  Untuk mereka yang sensitif terhadap dingin, es membuat pileknya kambuh.  Atau, minum es tidak dianjurkan untuk orang-orang yang sedang flu.

Gambar
Lain halnya apabila es itu diminum dengan campuran seperti sirup, cendol, santan-susu-alpukat-nangka (alias es teler …), kolak bersantan kental, atau es krim.  Bahan berkalori tinggi yang bisa menyebabkan gemuk ada pada campuran tersebut, yaitu gula, lemak santan dan lemak susu.  Kalau bagi seorang ibu hamil tiada hari tanpa sirup atau teh manis misalnya, maka dijamin ia akan gemuk meskipun dikonsumsi dalam keadaan hangat.

Jadi, es tidak menyebabkan seorang ibu hamil menjadi gemuk atau bayi yang dikandungnya tumbuh bak ‘giant’
Nikmatilah kehamilan dengan makanan dan minuman 4 sehat 5 sempurna 6 halal.  Yang menjadi pantangan bagi ibu hamil adalah menjadi pantangan juga bagi orang lain yang tidak hamil yang ingin hidup sehat.  Misalnya, ‘junk food’,  cemilan penuh MSG, makanan olahan dengan banyak bahan kimia.

Ibu hamil boleh saja makan durian atau daging kambing dalam jumlah yang sewajarnya.  Pasalnya, durian dan daging kambing termasuk yang sering disalahartikan sebagai makanan haram untuk ibu hamil.

Jadi, sekarang komentarnya  begini :” Lho kok bayi saya lahirnya besar amat, sampai 4 kilo lebih.  Padahal selama hamil saya tidak pernah minum es, lho!”.

About these ads

10 thoughts on “IBU HAMIL, BOLEHKAH MINUM ES?

  1. bu dokter apa benar kalau kita ibu hamil minum air es + atau minum es teh manis anak kita di dalam kandungan perut kita besar dan setelah bayi lahir katanya menciut apa benar itu bu dokter …..

    • sesuai dengan penjelasan saya dalam tulisan tersebut, minum air es TIDAK menyebabkan bayi gemuk. Namun sebaliknya, minum yang manis2, baik pakai es maupun tidak, apalagi dalam jumlah besar, Insya Allah akan membuat bayi (dan ibunya) gemuk. Dan, bayi bukan balon yang bisa dengan mudah “melembung” dan “menciut” :-D Salam, dan mohon maaf atas keteerlambatan responnya sehubungan dengan kesibukan Idul Fitri.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s